Piala Dunia 2022

Nikola Milenkovic: Bek Tangguh Serbia, Profil & Jejak Karir Jelang Piala Dunia 2022



Nikola Milenkovic: Bek Tangguh Serbia, Profil & Jejak Karir Jelang Piala Dunia 2022
Nikola Milenkovic (4) – Pemain Bertahan Serbia

NOBARTV NEWS – Serbia berhasil melaju ke putaran final Piala Dunia usai tampil spektakuler di laga kualifikasi, kala itu dilaga penentuan mereka menundukan Portugal dengan skor tipis 2-1. Satu sosok pun dinilai punya peran besar, yakni Nikola Milenkovic.

Pemain Serbia yang satu ini dinilai begitu cekatan dalam menjaga area pertahanan Serbia sehingga menyulitkan pergerakan striker lawan.

Untuk itu pemain kelahiran 12 Oktober 1997 diprediksi akan tampil bersinar dalam gelaran Piala Dunia kali ini, Nikola Milenkovic kini tercatat merumput di Italia bersama klub Fiorentina, namun belakangan namanya dikaitkan dengan kepindahan ke klub asal kota Milan, Inter Milan.

Profil Nikola Milenkovic

Nikola Milenkovic lahir di Belgrade, Serbia pada tanggal 12 Oktober 1997, usianya kini 24 Tahun. Meski terbilang muda namun posisi Milenkovic nampak tak tergantikan di timnas Serbia.

Milenkovic mengawali karir sepakbolanya dengan bergabung ke klub Partizan, Milenkovi kemudia dipinjamkan ke Teleoptik untuk musim 2015–16. Pada awal 2016, ia bergabung dengan tim utama Partizan di bawah pelatih Ivan Tomi dan menandatangani kontrak lima tahun.

Berkat penampilan yang gemilang, Milenkovic kemudian dilirik klub asal Italia, Fiorentina. Pada 24 Mei 2017, presiden Partizan Milorad Vueli mengkonfirmasi bahwa Milenkovi akan bergabung dengan klub Serie A Fiorentina di musim panas dengan biaya transfer dilaporkan sebesar €5,1 juta.

Milenkovi melakukan debutnya untuk Fiorentina dalam kemenangan tandang 1-0 atas Cagliari pada 22 Desember 2017, setelah bermain selama 84 menit pertandingan. Nikola Milenković bermain untuk klub Fiorentina sejak tahun 2017, dan membela tim nasional Serbia sejak tahun 2016.

Jejak Karir Milenkovic di Timnas Serbia

Milenkovi adalah anggota tim U-19 Serbia pada awal 2016. Kemudian pada tahun yang sama, ia dipanggil ke tim nasional Serbia U20 oleh pelatih Nenad Lalatovi, dan melakukan debutnya untuk tim dalam pertandingan melawan Montenegro.

Milenkovi kemudia dipanggil ke skuad U21 oleh Lalatovi pada Maret 2017. Dia membuat penampilan pertamanya di level U21 pada 28 Maret 2017, dalam pertandingan persahabatan melawan Slovakia.

Tampil apik bersama skuad U21 Serbia, Milenkovi kemudian di panggil ke timnas utama Serbia dan melakukan debutnya untuk tim nasional senior saat kalah 3-0 dari Qatar pada 29 September 2016.

Kini Milenkovi siap menunjukan aksinya di gelaran bersama skuad timnas Serbia, andai tampil apik bukan tidak mungkin banyak klub akan menginginkan jasanya di musim dingin mendatang.

Informasi pribadi
Nama lengkapNikola Milenković
Tanggal lahir12 Oktober 1997 (umur 24)
Tempat lahirBelgrade, FR Yugoslavia
Tinggi195 cm (6 ft 5 in)
Posisi bermainBek
Informasi klub
Klub saat iniFiorentina
Nomor4
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
2017 –Fiorentina16(0)
Tim nasional
2016 –Serbia6(0)

 

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola