Timnas Indonesia

Aji Santoso: Indonesia Setara Thailand dan Vietnam!



NOBARTV NEWS – Beberapa waktu lalu, Indonesia resmi merengkuh medali emas cabang olahraga sepak bola putra di SEA Games 2023. Eks pelatih Aji Santoso menyebut kemenangan itu menandakan bahwa sepakbola Indonesia kini setara dengan Thailand dan Vietnam.

Seperti yang diketahui, pada Selasa malam (16/05) kemarin, skuad Garuda resmi mengukuhkan diri sebagai juara SEA Games 2023 cabang olahraga sepak bola putra. Di babak final yang berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja, Marselino Ferdinan dkk sukses menumbangkan Timnas Thailand U-22 lewat babak extra time.

Saat itu, skuad Garuda mengalahkan skuad asuhan Issara Sritaro dengan skor meyakinkan 5-2. Awalnya, kedua tim bermain sama kuat 2-2 hingga peluit panjang babak kedua dibunyikan. Namun karena sebuah kericuhan dan membuat Timnas Thailand U-22 kekurangan pemainnya, skuad Garuda jadi menggila di babak extra time tersebut. Dalam kurun waktu 2×15 menit, anak asuh Indra Sjafri tersebut membuat tiga gol tambahan masing-masing dari kaki Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Tiga gol tambahan tersebut membuat skuad Garuda memastikan gelar juara ketiga kalinya untuk cabang olahraga sepak bola putra di SEA Games sepanjang masa. Gelar pertama diraihnya pada tahun 1987, gelar kedua di tahun 1991. Dan setelah 32 tahun lamanya, gelar tersebut akhirnya kembali ke tanah air.

Oleh sebab itu, begitu Timnas Indonesia U-22 memastikan diri sebagai juara, perayaan tersebut tidak hanya disambut oleh para pemain, staf, dan suporter yang ada di Kamboja saja. Di tanah air, masyarakat Indonesia tumpah ruah merayakan gelar tersebut. Bahkan, pada Jumat pagi (19/05), PSSI mengadakan arak-arakan untuk skuad Garuda dari Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) hingga ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Perayaan tersebut dilakukan tak lepas dari rasa dahaga yang akhirnya tercapai setelah 32 tahun lamanya absen mengangkat medali emas. Sementara itu, mantan pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso menyebut keluarnya Indonesia sebagai juara di even SEA Games menandakan bahwa kekuatan skuad Garuda kini sudah setara dengan Timnas Thailand dan Vietnam.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Yang perlu ditekankan bahwa sekarang Indonesia posisinya setara dengan Thailand dan Vietnam,” kata pelatih yang kini membesut Persebaya Surabaya itu.

Aji juga memuji penampilan skuad Garuda di final yang katanya memilki mental tangguh serta spirit yang kuat.

“Dalam final kemarin ya mainnya cukup bagus, fighting spirit juga kuat, mentalnya juga tangguh, akhirnya bisa menang,” ujarnya menambahkan.

“Bagi saya yang berperan bukan hanya satu dua tiga pemain, tapi keseluruhan tim baik yang ada di dalam lapangan maupun luar lapangan. Ya karena di dalam lapangan dari penjaga gawang sampai striker memiliki kontribusi yang sangat bagus, di luar lapangan tentunya coach Indra Sjafri bersama asisten sangat meng-advance kekuatan tim,” tutup sang pelatih.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid