Timnas Indonesia

STY Disebut Sombong Usai Kalahkan Timnas Vietnam



STY Disebut Sombong Usai Kalahkan Timnas Vietnam
Shin Tae-yong

NOBARTV NEWS – Kekalahan dramatis Vietnam atas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 menyita perhatian banyak orang. Suporter, pengamat, hingga media asal Vietnam kesal dengan kekalahan tersebut. Saking kesalnya, mereka menganggap selebrasi STY usai laga sebagai sebuah kesombongan.

Dalam laga pamungkas grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Marselino Ferdinan dkk menang dengan amat dramatis. Sempat unggul 1-0 lewat gol Marselino Ferdinan, Vietnam secara tiba-tiba menyamakan kedudukan hingga mengungguli tuan rumah 2-1.

Namun berkat kecerdikan STY, Indonesia kembali bangkit dengan dua gol tambahan sehingga Garuda muda menang dengan skor 3-2. Tak ayal, kemenangan itu membuat para skuad Garuda muda berselebrasi usai laga. Kemenangan perdana Shin Tae-yong atas Timnas Vietnam terjadi pada laga itu.

Namun rupanya, pengamat sepakbola Vietnam, Vu Manh Hai mengkritik selebrasi tersebut hingga menyebutnya sebagai sesuatu yang berlebihan. Bukan hanya selebrasi, tapi ucapan Shin usai laga juga disoroti olehnya.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

“Shin mengalahkan Vietnam U-20, itu saja. Senang untuknya dan kebahagiaan untuk sepak bola Indonesia. Mereka menang, tampil gemilang, dan memuncaki Grup F pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023,” ujar Vu Manh Hai dilansir dari media asal Vietnam, Soha VN.

Dari ucapan Shin tersebut, Vu Manh Hai menyimpulkan bahwa STY kurang rendah hati alias sombong. Vu menyebut Indonesia tidak akan naik level jika cepat berpuas diri seperti yang dilakukan oleh ketika kandaskan Vietnam.

“Akan tetapi, cara bicara Tuan Shin agak berlebihan. Kurang rendah hati. Jika dia cepat puas diri, maka akan sulit untuk naik ke level selanjutnya. Bersenang-senang itu menyenangkan. Akan tetapi, jangan terlalu senang. Anda perlu mengevaluasi semuanya dengan benar,” tutupnya.

Apa yang dituduhkan Vu Manh Hai kepada Shin Tae-yong amat tidak berdasar. Tidak dijelaskan kalimat mana yang membuat Vu mengambil kesimpulan kalau Shin kurang rendah hati seperti yang dituduhkannya.

Baca Juga:  PSSI Kembali Lobi Heerenveen agar Mau Lepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas U23 Lagi

Berikut komentar Shin Tae-Yong usai laga Timnas Indonesia Vs Vietnam:

“Pertama-tama, Saya sangat bangga dengan para pemain karena sekarang sudah bisa mengalahkan Vietnam. Setelah dapat kemenangan kita jadi lebih percaya diri untuk ke depannya pastinya,” ujar Shin.

“Begitu kita mencetak gol pertama, mungkin menganggap pertandingan akan lebih gampang dan benar-benar fokus. Namun, akhirnya kemasukan dua gol. Kami balikkan lagi sampai skor akhirnya 3-2. Itu artinya Timnas Indonesia U-20 makin kuat karena situasi lagi tertinggial tapi bisa membalikkan keadaan. Saya sangat berterima kasih kepada para pemain dan sangat bangga,” tutup pelatih asal Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid