Timnas Indonesia

Dari Eks Pelatih Piala Dunia sampai Liga Inggris, Berikut Profil Pelatih Grup A Piala Asia U-20 2023



NOBARTV NEWS – Partai perdana Piala Asia U-20 2023 akan diselenggarakan pada Rabu, 1 Maret 2023. berada di grup A bersama Timnas Uzbekistan U-20, Irak U-20, dan Suriah U-20. Berikut rekam jejak para pelatih di grup A tersebut!

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong telah memilih 23 pemain terbaiknya untuk tampil di Piala Asia U-20 tahun ini. Di Piala Asia U-20 edisi ke-41 ini, skuad Garuda muda tak memiliki target tinggi. Karena tak seperti tim-tim lainnya yang mengincar posisi semifinal (Piala Asia U-20) untuk meraih tiket ke , Indonesia justru tidak. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu sudah dipastikan menginjakkan kakinya di Piala Dunia U-20 karena akan bertindak sebagai tuan rumah.

Meski demikian, mereka diminta untuk tetap tampil fokus dan memberikan penampilan terbaiknya di even itu. Penampilan baik itu dituntut ketika mereka memulai laga perdananya di fase grup melawan tiga tim tadi – dan berlanjut ke babak delapan besar (jika lolos) hingga semi-final – bahkan final.

Di sinilah peran Shin Tae-yong dibutuhkan. Pelatih asal Korea Selatan itu akan beradu taktik dengan tiga pelatih lainnya di grup A tersebut. Bagaimana rekam jejak Shin dan juga ketiga pelatih di grup A? Berikut ulasannya!

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

1. Shin Tae-yong (Indonesia)

Sebelum menangani Timnas Indonesia U-20, Shin tercatat sebagai pelatih Korea Selatan. Tak main-main, di tim berjuluk Taeguk Warriors itu, Shin menangani Son Heung-min dkk di even sekelas Piala Dunia. Even itu digelar pada tahun 2018 lalu.

Saat itu, Shin membuat kejutan karena berhasil membawa Korea Selatan memenangkan laga melawan Timnas Jerman. Son Heung-min dkk menang dengan skor akhir 2-0.

Selain pernah menukangi Timnas Korea Selatan, STY juga pernah menukangi dua klub yakni Seongnam Ilhwa (sebagai pelatih) dan Brisbane Roar (sebagai asisten pelatih).

2. Farhod Nishonov (Uzbekistan)

Federasi Sepak Bola Uzbekistan menunjuk pelatih lokal Farhod Nishonov untuk menukangi skuad muda Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023.

Menariknya, karir kepelatihan Farhod Nishonov dimulai sejak menukangi Timnas Uzbekistan U-20 pada 1 Juli 2022. Sebelumnya, ia tak pernah sama sekali menukangi tim manapun.

Akan tetapi, hal ini cukup wajar karena Farhod sendiri masih amat muda. Pelatih yang memutuskan diri untuk pensiun pada tahun 2013 ini baru berusia 31 tahun.

3. Emad Mohammed (Irak)

Sama seperti Uzbekistan, IFA (Iraq Football Association) juga menunjuk pelatih lokal untuk menukangi Timnas Irak. Adalah Emad Mohammed, pelatih 40 tahun itu diketahui sudah menukangi Timnas Irak U-20 sejak 1 Mei 2022.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Namun sebelumnya, ia juga pernah menangani tim yang lebih muda yakni Timnas Irak U-17. Sebelum-sebelumnya lagi, Emad diketahui pernah menjadi pelatih beberapa klub timur tengah seperti Naft Al-Wassat, Al-Najaf FC, dan Al-Zawraa SC.

4. Mark Wotte (Suriah)

Pelatih asal Belanda Mark Wotte akan menjadi nakhoda untuk tim muda Suriah di Piala Asia U-20 2023. Mark diangkat sebagai pelatih sejak 1 Agustus tahun lalu. Bahkan, tak hanya menukangi Timnas Suriah U-20 saja, Marc juga membesut Timnas Irak U-23. Ia diangkat dalam waktu yang bersamaan untuk menukangi dua kelompok umur yang berbeda.

Sebelum menjadi pelatih Timnas Suriah, Marc tercatat sudah malang melintang sebagai seorang pelatih papan atas.

Di level tim nasional, Marc pernah menjadi pelatih untuk Timnas Maroko U-20 dan U-23. Serta pernah menjadi pelatih untuk Timnas Skotlandia U-16.

Adapun di level klub, pelatih kelahiran 16 Desember 1960 itu pernah menjadi Direktur Teknis, Pelatih Kepala, Direktur Sepak Bola, hingga Koordinator Tim Junior. Namun salah satu jabatan bergengsi yang pernah ia emban adalah menjadi pelatih klub Liga Premier Inggris Southampton FC.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

8 Comments