Timnas Indonesia

Gara-gara Visa, Garuda Muda Batal Berangkat ke Spanyol



NOBARTV NEWS U-20 terpaksa menunda pemusatan latihan di Spanyol yang sedianya sudah dilakukan sejak 5 November kemarin. Masalah visa yang belum rampung menjadi alasan utama Garuda muda terpaksa bertahan untuk sementara waktu di Turki.

Sebagaimana diketahui, TC Timnas Indonesia U-20 di Spanyol seharusnya sudah dimulai pada 5 November 2022 dan akan berakhir pada 4 Desember 2022. Dalam kurun waktu satu bulan itu, skuad Garuda muda akan mengikuti sesi latihan tepatnya di Kota Malaga, Spanyol. Selain melakukan pemusatan latihan, Marselino Ferdinan dkk juga akan mengikuti beberapa agenda uji coba.

Adapun pemusatan latihan di Turki kemarin, Timnas Indonesia U-20 sukses melakukan empat laga uji coba. Sebagai rincian, skuad asuhan Shin Tae-yong itu berhasil menang sebanyak 2 kali, imbang 1 kali, dan menelan kekalahan sebanyak 1 kali.

Timnas Indonesia U-20 menang ketika melawan Cakallikli Spor 2-1 dan berhasil melumat Timnas Moldova U-20 3-1. Sedangkan di laga kedua melawan Moldova U-20, armada STY ditahan imbang 0-0. Timnas U-20 menelan kekalahan ketika berjumpa tim tuan rumah Turki U-20. Saat itu, skuad asuhan STY takluk dengan skor akhir 2-1.

Sejatinya, usai dari pemusatan latihan di Turki ini, skuad Garuda muda akan terbang ke Spanyol. Beberapa rumor mengatakan bahwa mereka akan beruji coba dengan Timnas Jepang U-18 setibanya di sana (Spanyol).

Saat ini, Timnas Jepang U-18 tengah berada di Spanyol. Media asal Jepang Gekisaka menyebut tim muda Samurai Biru bakal melawan Timnas Indonesia pada Senin 7 November besok.

“Mereka akan berhadapan dengan timnas U-20 Indonesia pada tanggal 7, Algeciras FC pada tanggal 8, dan timnas Belgia U-18 pada tanggal 10 dan 12,” tulis Gekisaka.

Namun bisa dipastikan laga tersebut batal karena Timnas Indonesia sendiri masih tertahan di Turki karena masalah visa tadi. Atas dasar itulah, asisten Shin Tae-yong Nova Arianto menyebut mau tak mau skuad Garuda muda akan melanjutkan pemusatan latihan di Turki sampai visa tersebut jadi.

“Rencananya, kami akan tetap melakukan pemusatan latihan di Turki karena ada sedikit masalah dengan visa masuk ke Spanyol,” ujar Nova Arianto.

Terkait siapa saja pemain yang masih tergabung di dalam tim, Nova menegaskan bahwa jumlah skuad Garuda muda masih komplit. Berarti 34 pemain yang semula dipanggil sejak awal akan teta mengikuti pemusatan latihan di Spanyol nanti. Hanya saja, dua putra STY yang sempat bergabung beberapa waktu lalu kini sudah kembali ke Korea Selatan.

“Masih ada 34 pemain di Turki. Dua putra coach Shin sudah kembali ke Korea Selatan,” tutup mantan bek Timnas Indonesia dan Persib Bandung itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments