Timnas Indonesia

Sempat Absen Karena Cidera, Cahya Supriadi Siap Kejar Performa & Raih Posisi Inti Penjaga Gawang Garuda Muda



NOBARTV NEWS – Kiper utama Garuda muda Cahya Supriadi kembali bermain untuk dalam uji coba di Turki beberapa waktu lalu. Berhadapan dengan Timnas Moldova U-20, Cahya turun sejak menit pertama dalam kemenangan telak 3-1 itu.

Diketahui, pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 kemarin, Cahya mengalami cidera mengerikan yang membuat dirinya langsung ditarik keluar dan dilarikan ke rumah sakit. Dalam laga melawan Timnas Hongkong itu, Cahya mengalami benturan yang cukup keras. Ia pun segera diganti dan terpaksa absen di matchday ke-tiga grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 melawan Vietnam.

Hingga pada akhirnya, Cahya tetap absen ketika Garuda muda terbang ke Turki dalam rangka pemusatan latihan. Padahal, namanya masuk dalam daftar 34 pemain yang diumumkan oleh PSSI.

Butuh waktu beberapa hari hingga akhir Cahya menyusul rekan-rekannya di Timnas Indonesia. Ketika Cahya berangkat, Marselino Ferdinan dan lainnya sudah melakukan dua kali uji coba. Pertama melawan tim lokal Cakallikli Spor dan kedua melawan Timnas Turki U-20.

Namun menariknya, setibanya di Turki, Cahya langsung menjadi starter di uji coba ketiga melawan Moldova U-20. Esok malam, Garuda muda akan kembali melawan tim yang sama (Moldova U-20) untuk kedua kalinya.

Untuk diketahui, di skuad Timnas Indonesia U-20, terdapat tiga kiper lainnya selain Cahya Supriadi. Ketiga kiper tersebut berangkat bersamaan dengan skuad Timnas Indonesia lainnya. Dengan hadirnya Cahya, maka persaingan untuk menjadi penjaga gawang utama Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 dan 2023 akan semakin sengit. Terlebih Cahya merupakan penjaga gawang yang amat diandalkan oleh STY.

Sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 kemarin, Cahya juga menjadi kiper utama di U-19 2022. Kini, kiper muda milik Persija Jakarta itu sudah siap untuk beraksi lebih lama lagi dengan skuad Garuda muda. Meski tertinggal (TC di Turki), namun ia tengah berusaha mengejar ketertinggalan materi yang sudah diberikan STY sebelumnya.

“Alhamdulilah kondisi dari semenjak cedera sekarang sudah sedikit lebih membaik dari sebelumnya. Performa juga sedikit ketinggalan dari yang lain, saya coba kejar ketinggalan itu pelan-pelan dan kerja keras lagi,” terang Cahya Supriadi.

“Sejauh ini sudah ada perkembangan juga, mungkin karena kemarin harus istirahat satu bulan dan rehab di Persija,” ujarnya menambahkan.

“Sekarang Alhamdulilah saya diberikan porsi latihan yang cukup oleh pelatih,” tutupnya.

Kehadiran Cahya menjadi tanda bahaya bagi tiga kiper Garuda muda lainnya. Sebab meski sang pemain baru bergabung di pemusatan latihan, namun dirinya langsung mendapatkan kepercayaan dalam laga uji coba. Hal ini patut menjadi perhatian kiper lainnya sebab pemusatan latihan selama dua bulan di Eropa ini bakal menentukan pilihan STY untuk posisi utama penjaga gawang Indonesia nanti.

Adapun tiga kiper lainnya yang dimaksud adalah Erlangga Setyo, Daffa Fasya, dan Aditya Arya.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments