Timnas Indonesia

STY Akui Timnas Indonesia Butuh Evaluasi Lagi Sebelum Tampil di Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Laga perdana di 2022 akan berlangsung tidak lebih dari satu minggu lagi. Namun sang pelatih Shin Tae-yong mengaku skuadnya masih butuh evaluasi sebelum tampil di even sepak bola terbesar se-Asia Tenggara itu.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF tahun ini merupakan edisi ke-14 sejak pertama kali digelar pada tahun 1996 lalu. Dan dalam sejarah 13 edisi yang sudah berlangsung, Timnas Thailand menjadi tim terbaik dengan koleksi trofi terbanyak. Total, Timnas Thailand sudah enam kali menjuarai Piala AFF.

Bahkan untuk diketahui bersama, trofi keenamnya diraih pada edisi sebelumnya. Jadi, di Piala AFF 2022 ini, Timnas Thailand berstatus sebagai juara bertahan.

Adapun Indonesia, dari 13 kali keikutsertaannya itu, mereka sukses mencapai babak final sebanyak 6 kali. Namun sialnya, dari ke-enam babak final itu, tak satupun kemenangan yang mampu dipersembahkan oleh skuad Garuda Indonesia. Di edisi sebelumnya (Piala AFF 2020), Timnas Indonesia kalah dari Timnas Thailand di partai final.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Dan kini, dengan kondisi yang jauh lebih baik dari edisi sebelumnya, Shin Tae-yong siap memberikan gelar pertamanya bagi Timnas Indonesia. Ajang ini sekaligus menjadi bukti bahwa ia adalah salah satu pelatih – yang tak cuma terkenal namun juga berprestasi.

Di Piala AFF 2022 ini, bisa dikatakan bahwa STY membawa pemain terbaik yang pernah dimiliki Indonesia sepanjang keikutsertaannya di ajang ini. Bagaimana tidak, pelatih asal Korea Selatan itu membawa tujuh pemain abroad. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Saddil Ramdani, dan Asnawi Mangkualam Bahar. Bahkan, dua di antara pemain abroad tersebut merupakan pemain naturalisasi yang memilki segudang pengalaman dalam dunia sepak bola Eropa.

Selain itu, STY juga membawa dua pemain naturalisasi yang sudah lama menetap di Indonesia. Mereka adalah striker Bali United Ilija Spasojevic dan gelandang enerjik Persib Bandung Marc Anthony Klok.

Namun sayang, meski sudah membawa skuad terbaiknya, beberapa kesalahan masih ada pada skuad Timnas Indonesia. Hal itu diakui oleh STY dan saat ini ia tengah mengevaluasinya. STY tidak menyebutkan secara spesifik faktor apa saja yang harus diperbaikinya sebelum mentas di even Piala AFF tersebut.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

“Kondisi tim bagus, kami fokus ke pertandingan Piala AFF 2022,” buka Shin Tae-yong.

“Meski begitu, masih ada evaluasi dan perbaikan untuk tim,” ujarnya menambahkan.

Namun untuk diketahui, meski STY mengeluhkan beberapa masalah yang tak disebutkannya itu, tapi ia cukup bangga dengan kondisi skuadnya saat ini. Terlebih untuk sosok Spasojevic. Sebelumnya, STY sempat mengeluh dengan kondisi fisik Spaso yang dianggapnya lemah karena faktor usia. Namun ternyata, ketika ia dipercaya lagi untuk mengikuti TC ini, STY dibuat kagum olehnya. Spaso menjadi salah satu pemain yang mengalami peningkatan fisik dan mental dengan sangat signifikan.

“Spaso berubah juga, fisiknya jadi lebih baik dan mentalnya pun berubah. Jadi saya menantikan Spaso pasti bisa menunjukkan yang lebih baik dari Spaso yang dulu,” tutup pelatih asal Korea Selatan itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments