Timnas Indonesia

TC Timnas U-20 Dipersingkat, STY Putuskan Pulang Lebih Cepat Guna Persiapan Piala AFF 2022

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Garuda muda kemungkinan besar akan kembali ke Indonesia lebih cepat dari yang dijadwalkan. Hal ini dikarenakan Shin Tae-yong harus segera mempersiapkan skuad senior jelang 2022.

Diketahui, Garuda muda tengah melakukan pemusatan latihan di Eropa. Saat ini, Marselino Ferdinan dkk sedang berada di Spanyol. Spanyol menjadi negara kedua yang dijadikan lokasi TC Timnas Indonesia. Sebelumnya, mereka sudah melakukan hal serupa (TC) di negara Eropa lainnya yakni di Turki. Bahkan, mereka telah melakoni tujuh uji coba selama berada di negara (Turki) tersebut. Sebagai rincian, Timnas Indonesia menang 3 kali, imbang 2 kali, dan kalah 2 kali selama di Turki.

Adapun di Spanyol, Timnas Indonesia U-20 baru menjalani satu laga uji coba. Yaitu ketika Marselino Ferdinan dkk dibabat habis oleh tim kuat Prancis U-20. Tak tanggung-tanggung, Timnas Prancis U-20 mengamuk. Enam gol dilesakkan oleh salah kontestan itu ke gawang skuad Garuda muda.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Di luar melawan Prancis, Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni tiga uji coba lagi. Salah satunya adalah melawan Timnas Slovakia dalam ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week. Hanya saja, besar kemungkinannya Garuda muda hanya akan melakukan uji coba satu kali lagi yaitu melawan Timnas Slovakia tadi. Jadi, dua laga uji coba lainnya kemungkinan besar akan dibatalkan karena keinginan Shin Tae-yong untuk pulang lebih cepat.

Menariknya, di uji coba terakhir melawan Slovakia ini, Timnas Indonesia kedatangan dua pemain baru yakni Rafael Struick dan Zico Soree. Keduanya disebut bakal diturunkan di laga melawan Slovakia nanti sebelum keduanya kembali ke klub masing-masing.

Rencana kepulangan Shin Tae-yong dan rombongan diungkap oleh Exco PSSI Endri Erawan. Katanya, skuad Garuda akan kembali ke Indonesia pada 24 atau 25 November mendatang.

“Tim akan main sekali lagi Sabtu nanti lawan Slovakia. Lalu tanggal 24 atau 25 rencananya coach Shin Tae-yong akan kembali dengan timnas dan rombongan,” jelas Endri Erawan.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Keputusan ini diambil karena Shin Tae-yong ingin fokus membesut Timnas Indonesia. Sebab sebagaimana diketahui, Piala AFF 2022 kali ini menjadi Piala AFF kedua bagi STY. Setelah ia gagal mempersembahkan gelar di edisi sebelumnya, STY bertekad di edisi tahun ini Timnas Indonesia meraih gelar tersebut. Maka dari itu, ia ingin fokus membesut Timnas Indonesia senior dengan merelakan kebersamaannya bersama Garuda muda berakhir dengan lebih cepat.

“Timnas U-20 akan dibubarkan dulu  karena coach Shin ingin fokus TC tim senior untuk Piala AFF 2022 pada Desember nanti,” tambah Endri Erawan lagi.

“Di Spanyol sementara itu baru dua uji coba dan lebih cepat pulang karena kelihatannya coach Shin juga ingin lebih konsen ke AFF senior jadi bisa berprestasi juga,” tutupnya.

Direncanakan, skuad Timnas Indonesia senior akan melalukan pemusatan latihan di Bali. Setelah itu, mereka akan terbang ke Bekasi (Stadion Patriot Candrabhaga) guna menjamu lawannya di grup A Piala AFF 2022.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments