Timnas Indonesia

Skuad Garuda Juara SEA Games, Jokowi Traktir Para Menteri



NOBARTV NEWS – Keluarnya Indonesia sebagai juara di even SEA Games 2023 tidak hanya dirayakan di tanah Kamboja saja. Di tanah air, orang nomor satu di Indonesia yakni Presiden RI Joko Widodo merayakan kemenangan tersebut dengan mentraktir para menterinya.

Sebagaimana diketahui, pada malam hari tadi, sudah dilangsungkan laga final SEA Games 2023 antara U-22 Vs Timnas Thailand U-22. Kedua tim berhasil mencapai babak final usai finis di peringkat atas grup – serta sukses memenangkan laga semifinal sebelumnya.

Di babak semifinal, Timnas Indonesia U-22 selaku juara grup A bertemu dengan Timnas Vietnam U-22 yang keluar sebagai runner-up grup B. Di laga tersebut, anak asuh Indra Sjafri menang dengan skor meyakinkan 3-2. Sementara itu, Timnas Thailand U-22 di grup B juga menjadi pemuncak klasemen. Dan di babak semifinal, anak asuh Issara Sritaro itu berhadapan dengan Timnas Myanmar U-22 selaku runner-up grup B. Dalam laga semifinal antara Timnas Thailand U-22 dan Timnas Myanmar U-22, tim Gajah Perang (julukan Timnas Thailand) keluar sebagai pemenangnya.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Dengan demikian, kedua tim pemenang yakni Timnas Indonesia U-22 dan Timnas Thailand U-22 berjumpa di partai final. Laga final tersebut berlangsung di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja. Sebelum laga final dimainkan, terlebih dahulu di tempat yang sama juga dipertandingkan perebutan tempat ketiga (medali perunggu) antara Timnas Vietnam U-22 dengan Timnas Myanmar U-22. Di perebutan tempat ketiga itu, anak asuh Philippe Troussier keluar sebagai pemenangnya.

Sementara itu, di laga final antara Timnas Indonesia U-22 Vs Timnas Thailand U-22, laga berlangsung cukup sengit. Sempat menutup laga di babak pertama dengan skor 2-0, namun Timnas Thailand U-22 mampu menyamakan skor di detik-detik terakhir babak kedua. Sempat terjadi keributan usai gol penyeimbang Timnas Thailand U-22 tersebut. Hingga pada akhirnya, wasit memutuskan untuk memberikan babak extra time.

Di babak extra time, skuad Garuda unggul jumlah pemain. Sebab dari keributan yang sempat terjadi, kiper Thailand U-22 mendapatkan kartu merah. Begitupun dengan pemain Indonesia. Hanya saja, pemain Indonesia yang mendapatkan kartu merah tersebut yakni Komang Teguh sudah berada di bench terlebih dahulu.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Keunggulan jumlah pemain itu dimanfaatkan oleh skuad Garuda. Tiga gol tambahan akhirnya bersarang ke gawang Timnas Thailand U-22. Timnas Indonesia U-22 menutup laga dengan kemenangan 5-2. Dengan demikian, juara SEA Games akhirnya meraih emas setelah 32 tahun lamanya tak pernah mendapatkannya.

Dari tanah air, Presiden RI Joko Widodo terpantau ikut menyaksikan jalannya pertandingan. Bahkan, sebagai bentuk perayaan, orang nomor satu di Indonesia itu mentraktir para menterinya makan durian selepas dipastikannya skuad Garuda keluar sebagai juara.

“Sangat happy banget. Karena Indonesia Thailand 5-2. Yang saya sampaikan kemarin kan mental pemenang, mental juara itu keliatan sekali ada (pada Timnas Indonesia). Main tanpa beban mental, ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara,” kata Presiden RI Joko Widodo.

“Tadi sore, saya janji ke para menteri dan pak Gubernur, kalau (Timnas Indonesia) menang saya akan traktir di Sibolang untuk makan durian bareng-bareng. Karena menang ya harus nraktir,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid