Timnas Indonesia

Jelang Piala Dunia U-20, Indra Sjafri Sebut STY Ingin Garuda Muda TC di Korea Selatan



NOBARTV NEWS – Skuad Garuda muda sudah angkat kaki dari Piala Asia U-20 2023. Selanjutnya, mereka akan kembali mengikuti sebuah even bergengsi yakni 2023. Sebelum even tersebut dimulai, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut skuad Garuda muda akan mengikuti TC di Korea Selatan.

Sebagaimana diketahui, di Piala Asia U-20 kemarin, hanya finis di posisi ketiga klasemen akhir grup A. Anak asuh Shin Tae-yong itu berada tepat di bawah Timnas Uzbekistan U-20 dan Timnas Irak U-20. Meski poin yang dimilikinya sama dengan Irak U-20 (4 poin), namun skuad Garuda muda tetap dinyatakan tak lolos. Hal itu dikarenakan secara head to head, dan juga secara agresivitas gol, Timnas Irak U-20 lebih unggul daripada Timnas Indonesia.

Dengan hasil tersebut, skuad Garuda muda pun akhirnya pulang lebih cepat. Torehan tersebut jelas tidak lebih baik – karena di even serupa dalam edisi sebelumnya, skuad Garuda muda berhasil lolos ke babak 8 besar. Saat itu, Timnas Indonesia melaju hingga babak 8 besar Piala Asia U-20 2018. Sayang, di babak perempat final itu, mereka takluk dari Timnas Jepang dengan skor akhir 2-0.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Dan kini, setelah resmi tersingkir dari even tersebut, masih ada even lainnya yang tentunya jauh lebih penting daripada Piala Asia U-20 kemarin. Muhammad Ferrari dkk akan turut serta dalam ajang Piala Dunia U-20 2023.

Di even tersebut, Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Oleh sebabnya, anak asuh Shin Tae-yong itu sudah dipastikan lolos ke putaran final nanti. Maka daripada itu, sebagai persiapan mereka sebelum tampil di even tersebut, mereka akan kembali mengikuti TC usai tampil di Piala Asia U-20 ini.

Tak ada waktu istirahat yang banyak bagi mereka jika ingin benar-benar tampil baik di Piala Dunia U-20 2023.

Kabarnya, dalam waktu dekat ini, mereka akan mengikuti pemusatan latihan di luar negeri. Awalnya, TC tersebut akan dilakukan di negara Eropa – tepatnya Belanda. Namun setelah berdiskusi dengan sang pelatih Shin Tae-yong, Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri menyebut STY ingin mengubah lokasi TC jadi Korea Selatan.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Saya mau meeting nanti malam dengan Coach Shin. Kalau road map awal, ini terus dan ada TC nanti kalau enggak salah pengganti Belanda,” kata Indra Sjafri kemarin.

“Yang awalnya Belanda, coach Shin mau ubah ke Korea Selatan,” ujarnya menambahkan.

Terkait apa alasan Shin mengubah lokasi TC tersebut, Indra mengaku tak tahu. Namun menurut pandangannya, TC di Korea Selatan memang dikenal sebagai lokasi yang tepat untuk meningkatkan fisik mereka. Tahun lalu, Timnas Indonesia U-20 juga pernah melakukan TC di negara kelahiran Shin Tae-yong itu.

“Secara spesifik saya tidak tahu (alasannya),” ujar Indra.

“Tapi di Korea Selatan memang bagus untuk peningkatan kondisi fisik dan di sana juga sudah pernah sebulan dan para pemain sudah terbiasa latihan di sana,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments