Timnas Indonesia

Disebut Bakal Gantikan STY di Timnas U-23, Media Vietnam Ejek Indra Sjafri

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Teka-teki pengganti Shin Tae-yong di Timnas U-23 belum habis untuk dikupas. Beberapa nama disebut-sebut sebagai penggantinya. Seperti Bima Sakti, Nova Arianto, Indra Sjafri, bahkan terbaru Cho Byung-kuk. Salah satu media Vietnam, justru menyoroti satu nama yaitu Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI saat ini.

Sebagaimana diketahui, di tahun terakhir masa kontrak Shin bersama Indonesia, ia memiliki agenda yang super padat. Di luar agenda FIFA Matchday 2023, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu memiliki sederet ajang resmi yang akan diikuti oleh anak asuhnya. Dikarenakan Shin menangani tiga kelompok umur sekaligus, maka otomatis ia akan kelabakan dengan agenda tersebut.

Pertama, di skuad Timnas senior, Shin memiliki agenda terdekatnya yaitu 2022 yang akan dihelat di akhir tahun ini. Pagelaran terakbar di Asia Tenggara ini dipastikan akan berlanjut hingga awal tahun depan. Selain itu, Timnas senior juga akan turut serta dalam ajang Piala Asia 2023.

Berlanjut ke Timnas U-23, Shin akan menangani tim kelompok umur tersebut di SEA Games 2023 di Kamboja. Belum lagi ditambah dengan agenda bersama Timnas U-20 yang di mana skuad yang diisi oleh pemain muda tersebut akan bertanding di dua event penting. Kedua event yang dimaksud adalah Piala Asia U-20 2023 dan 2023.

Melihat beberapa agenda tersebut, sudah jelas dan hampir dipastikan Shin akan melepas satu event penting. Jika membandingkan satu event dengan event lainnya, bisa dipastikan SEA Games 2023 merupakan event yang paling tidak prestisius untuk ditangani oleh Shin.

Dengan demikian, di event SEA Games 2023 yang diikuti oleh Timnas U-23, Shin akan melepas jabatannya. Namun sekali lagi, jabatan tersebut hanya sebatas SEA Games saja. Setelah itu, Shin akan kembali menanganinya.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, beberapa nama memang sempat diberitakan akan menjadi penggantinya. Namun salah media Vietnam Soha menyoroti satu nama di antara nama-nama tersebut. Adalah Indra Sjafri, berdasarkan rilis terbarunya, Soha menyebut Indra sebagai pelatih yang selalu dikalahkan oleh Park Hang-seo.

“Indra Sjafri, pelatih yang dua kali gagal di bawah asuhan Park Hang-seo, kemungkinan besar akan memimpin timnas U-23 Indonesia untuk mengikuti SEA Games ke-32. Indra bukanlah nama yang asing. Dia memenangkan Piala AFF U22 2019 dan meraih medali perak di SEA Games ke 30. Dia adalah pelatih domestik langka yang telah membuat kesan di sepak bola muda Indonesia selama ini,” tulis Soha.

“Tapi dia menelan kekalahan dari pelatih Park Hang-seo. Dalam dua pertemuan dengan Mr Park di Filipina 3 tahun lalu, dia selalu menerima kekalahan (1-2 dan 0-3),” tutup media yang berbasis di Vietnam itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid