Timnas Indonesia

Dipermalukan di Piala Asia, Vietnam Ingin Balas Dendam ke Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia



NOBARTV NEWS – Vietnam ingin membalas kekalahan atas Indonesia di Piala Asia 2023 kemarin. Pembalasan tersebut akan mereka lakukan di ajang 2026 mendatang.

Entah apa yang membuat dan Timnas Vietnam selalu bertemu. Di Kualifikasi Piala Dunia 2026, dua tim asal Asia Tenggara ini tergabung dalam grup yang sama yakni di grup F. Sedangkan di ajang Piala Asia 2023 yang sedang berjalan sampai saat ini, skuad Garuda dan The Golden Star Warriors berada di grup D.

Untuk ajang Piala Asia 2023 tersebut, kedua tim beberapa waktu lalu sudah dipertemukan. Pada laga tersebut, Vietnam sukses dikalahkan Indonesia dengan skor akhir 1-0. Gol tunggal lewat titik putih yang dilesakkan oleh sang kapten Asnawi Mangkualam Bahar membuat skuad Garuda menang. Kemenangan itu juga menjadi dasar bagi Timnas Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 dengan status sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Adapun Vietnam, pada Piala Asia 2023 tersebut, anak asuh Philippe Troussier itu bertengger di dasar klasemen akhir grup D. Mirisnya lagi, mereka tak pernah meraup satu poin pun dari keikutsertaan di ajang tersebut.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Dan kini, seperti yang dikemukakan di awal tadi, Indonesia dan Vietnam akan kembali bertemu. Pertemuan tersebut tersaji di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Menariknya, laga antara Indonesia dan Vietnam akan digelar dua kali (matchday ketiga dan keempat) di dua tempat berbeda. Pertemuan pertama digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 21 Maret sedangkan pertemuan kedua dimainkan pada 26 Maret di My Dinh Internasional Stadium.

Dipermalukan di Piala Asia, Vietnam Ingin Balas Dendam ke Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia
Justin Hubner ketika laga Indonesia vs Vietnam beberapa waktu lalu (sumber gambar: Instagram @timnas.indonesia)

Diprediksi, laga ini akan berjalan sengit karena beberapa alasan. Pertama, rivalitas Indonesia dan Vietnam sebagai tim sesama Asia Tenggara akan lebih terasa. Kedua tim sama-sama ingin menunjukkan diri sebagai tim yang lebih baik di Asia Tenggara. Kedua, Indonesia yang diperkuat oleh beberapa pemain naturalisasi ingin menunjukkan diri kalau timnya bukan sembarang tim seperti tahun-tahun sebelumnya. Ketiga, Vietnam ingin membalas dendam akibat kekalahan yang diterimanya pada Piala Asia 2023 kemarin.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Poin ketiga tersebut ternyata diiyakan oleh salah satu pemain Vietnam Nguyen Hoang Duc. Gelandang Vietnam yang absen di Piala Asia 2023 karena cedera itu mengaku siap untuk membalas kekalahan tim-nya atas skuad Garuda.

“Memasuki tahun 2024, saya bertujuan untuk menyelesaikan tugas yang ditetapkan oleh Viettel Sports Club dengan lebih baik,” kata Nguyen Hoang Duc dilansir dari The Thao 247.

“Juga mencoba untuk lebih meningkatkan diri dan berkontribusi lebih banyak kepada klub serta tim nasional. Di tahun 2023, banyak sekali penyesalan yang saya alami,” ucapnya menambahkan.

“Cedera jelang turnamen besar seperti Piala Asia adalah sesuatu yang tidak diinginkan siapa pun.”

Lebih lanjut, katanya lagi, dua laga melawan Indonesia adalah pertandingan penting bagi timnya untuk mencapai putaran final Kualifikasi Piala Dunia 2026. Oleh karena itu, dengan tegas, Nguyen Hoang Duc mengincar kemenangan mutlak atas anak asuh Shin Tae-yong itu.

“Dua laga mendatang melawan Indonesia di kualifikasi Piala Dunia sangat penting bagi tim Vietnam. Itu adalah kunci untuk mencapai putaran final kualifikasi Piala Dunia 2026,” tuturnya lagi.

“Saya berharap tim Vietnam berusaha semaksimal mungkin untuk menang melawan Indonesia,” pungkas sang pemain.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *