Timnas Indonesia

Pelatih Anyar Filipina Sebut 4 Tim Kandidat Juara Piala AFF 2022, Salah Satunya Timnas Indonesia!



NOBARTV NEWS – Pelatih anyar Timnas Filipina Josep Ferre menyebut empat tim yang berpotensi besar bakal merengkuh trofi 2022. Lucunya, Josep tak menjagokan negara yang diasuhnya. Ia justru menyebut Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia yang masuk dalam kandidat tersebut.

Sebagaimana diketahui, Timnas Filipina tergabung di grup A Piala AFF 2022 bersama dua tim yang disebutnya kandidat juara yakni dan Thailand. Selain itu, adapula Timnas Kamboja dan Brunei Darussalam.

Di Piala AFF 2022 ini, Timnas Filipina tak diperkuat oleh para pemain bintangnya. Sangat berbeda dengan Timnas Indonesia yang memanggil seluruh pemain abroadnya. Diketahui, beberapa pemain papan atas bermain untuk Timnas Filipina. Sebut saja seperti kiper senior seperti Neil Etheridge atau sang gelandang Gerrit Holtmann. Saat ini, Etheridge tercatat sebagai pemain Cardiff City di Championship (kasta kedua ) sedangkan Holtmann bermain di klub Bundesliga Jerman bersama VfL Bochum.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia tercatat telah memanggil 28 pemain yang di mana 8 di antaranya merumput di luar negeri. Sedangkan Filipina hanya memanggil 6 pemain abroadnya – dan sebagian besar dari mereka bermain di klub negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Jepang.

Meski demikian, pelatih Filipina tak ambil pusing dengan persaingan mereka di Piala AFF 2022 nanti. Alih-alih merasa pede dan siap untuk bertarung, sang pelatih justru memuji tim lain.

“Jika saya harus menunjukkan, saya pikir Vietnam adalah tim terkuat di Asia Tenggara, tetapi dalam sepak bola, tidak ada yang bisa dikatakan,” ujar Josep Ferre usai laga uji coba antara Timnas Filipina dan Vietnam beberapa waktu lalu.

Saat itu (uji coba), Timnas Filipina kalah tipis dari skuad asuhan Park Hang-seo itu dengan skor akhir 1-0.

“Di grup kami, Thailand dan Indonesia juga memiliki skuad yang kuat. Saya pikir empat tim, Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia akan bersaing sengit memperebutkan gelar juara,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

“Jika saya harus menemukan titik lemah tim Vietnam melalui pertandingan ini, saya kira tidak ada,” katanya lagi terkait laga uji coba tersebut.

“Di babak pertama, Vietnam menyerang dengan luar biasa, saya mencoba mencari ruang di belakang pertahanan untuk dieksploitasi tetapi tidak bisa. Ya Anda harus bangga dengan tim Anda,” tutupnya.

Adapun laga antara Timnas Indonesia vs Filipina nanti akan dilangsungkan di markas Filipina yakni Stadion Rizal Memorial di Manila. Laga tersebut akan dihelat pada matchday terakhir grup A tanggal 2 Januari 2023.

Menarik untuk menyaksikan peta persaingan dalam grup A ini karena hampir bisa dipastikan bahwa ada tiga tim yang bakal bersaing demi meloloskan diri ke babak semifinal Piala AFF 2022. Mereka adalah Indonesia, Thailand, dan juga Filipina.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

31 Comments