Timnas Indonesia

AFC Soroti Beberapa Pemain Senior di Skuad Garuda untuk Piala Asia U-23



NOBARTV.CO.ID AFC soroti pemain senior di skuad Timnas U-23, Federasi Sepakbola Tertinggi Asia alias AFC menyoroti komposisi skuad Garuda muda untuk 2024. Mereka menyoroti hal tersebut lantaran beberapa punggawa Garuda muda tercatat sebagai pemain senior.

Pada Piala Asia 2023 yang digelar pada Januari lalu, masuk sebagai kontestan dengan usia termuda di antara tim-tim lainnya. Hal itu tak lepas dari pengaruh Shin Tae-yong yang berani memotong generasi dalam skuad Garuda.

Jadi, sejak kedatangannya, Shin sudah banyak membuang pemain ‘uzur' di skuad Timnas Indonesia. Sebagai gantinya, pelatih asal Korea Selatan itu lebih banyak memasukkan nama-nama baru dan muda. Oleh karena itu, tak heran jika di skuad seniornya, Timnas Indonesia diperkuat oleh beberapa pemain muda yang bahkan belum menginjak usia 23 tahun.

Hal yang membuat kita semakin terkejut adalah – pada Piala Asia 2023 itu, Indonesia dengan skuad termudanya mampu meloloskan diri hingga babak 16 besar. Prestasi ini merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di ajang tersebut. Sayangnya, dengan usia mudanya dan minim pengalaman itu, langkah mereka terhenti di babak 16 besar setelah ditumbangkan Timnas Australia.

Baca Juga:  PSSI Ungkap Alasan Witan Tak Dipanggil ke Timnas Indonesia: Sedang Naik Haji!

Banyaknya pemain muda di skuad senior saat itu pun membuat angin segar bagi masa depan Timnas Indonesia. Bahkan, tidak cuma itu saja, Shin sebagai pelatih bisa memanfaatkan mereka untuk bertarung di level junior seperti Piala Asia U-23 2024. Ya, di ajang ini, Shin tak mau menyia-nyiakan mereka sehingga eks pelatih Timnas Korea Selatan itu pun memanggil para pemain muda rasa senior itu.

AFC Soroti Beberapa Pemain Senior di Skuad Garuda untuk Piala Asia U-23
Ivar Jenner, salah satu pemain Timnas Indonesia senior yang dipanggil ke Timnas U-23 (sumber: IG @ivarjnr)

Beberapa pemain muda yang dimaksud adalah Rafael Struick, Ivar Jenner, hingga Marselino Ferdinan. Ke-tiga pemain ini – pada Piala Asia 2023 kemarin adalah skuad inti Timnas Indonesia. Dan di Piala Asia U-23 ini, ketiga dan beberapa pemain muda lainnya di Piala Asia 2023 kemarin kembali mendapat panggilan.

Baca Juga:  Respons Venezia usai Jay Idzes Dipanggil Lagi ke Timnas Indonesia

Banyaknya pemain senior Timnas Indonesia di skuad U-23 ini membuat AFC menyoroti keberadaan mereka. Sorotan tersebut diunggah AFC dalam laman resminya.

“Tim debutan Indonesia akan menikmati penampilan pertama mereka di U-23 setelah pelatih kepala Shin Tae Yong, yang juga menangani tim senior, mengarahkan mereka melalui kampanye kualifikasi yang mengesankan,” tulis AFC.

“Kemenangan atas China Taipei [9-0] dan Turkmenistan [2-0] membuat Indonesia mengklaim posisi teratas Grup K dengan cepat,” lanjutnya.

Tak cuma itu saja, AFC juga menyebut beberapa di antara pemain senior tersebut sebagai sosok yang wajib diwaspadai. Salah satunya adalah bek anyar Cerezo Osaka Justin Hubner dan pemain muda KMSK Deinze Marselino Ferdinan.

“Shin akan memiliki skuad yang sangat berpengalaman dengan beberapa pemain yang bersinar untuk tim senior dalam pertandingan 2026 baru ini, dengan pemain seperti Ernando Ari, Ivar Jenner, Justin Hubner dan Marselino Ferdinan yang harus diwaspadai,” tutup AFC.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *