Timnas Indonesia

STY Minta Skuad Garuda Tiru Cara Main Lionel Messi: Lehernya Itu Enggak Pernah Diam!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih U-20 Shin Tae-yong telah memulai pemusatan latihan bersama skuad Garuda muda sejak 1 Pebruari kemarin. Sang pelatih meminta anak asuhnya untuk meniru gaya bermain Lionel Messi.

Diketahui, skuad Garuda muda telah memulai pemusatan latihan dalam rangka persiapan jelang tampil di Piala Asia U-20 2023. Dari 30 pemain yang sudah dipanggil, baru beberapa nama yang mengikuti pemusatan latihan tersebut. Sebagian besar masih bersama klubnya masing-masing. Begitupula dengan wonderkid muda Marselino Ferdinan yang baru saja diresmikan sebagai pemain baru di klub Belgia KMSK Deinze.

Di hari pertama pemusatan latihan tersebut, Shin Tae-yong belum memberikan materi taktik kepada anak asuhnya. Dari unggahan terbaru PSSI, Hugo Samir dkk masih melakukan latihan ringan di sebuah gym. Di kesempatan itu pula, Shin Tae-yong memberikan ceramah singkatnya. Shin Tae-yong menyinggung nama salah satu pemain yang berkarir di Eropa yakni Lionel Messi. STY minta anak asuhnya meniru cara bermain sang mega bintang itu.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Kalian berpikir yang penting main bola saja, itu yang salah. Messi enggak banyak lari, tapi kenapa dia bisa jago mainnya? Karena ketika dia diam, dia tidak lihat bola saja, tapi dia juga memperhatikan di sekitarnya ada apa,” kata Shin Tae-yong.

STY meminta pemainnya untuk melihat aksi Messi. Ketika Messi mendapatkan bola, ia hanya melakukan sedikit sentuhan. Sebab Messi sudah tahu ke mana ia akan mengarahkan bolanya.

“Makanya ketika dapat bola, dia akan kontrol atau mengoper satu sentuhan, itu yang dia pikirkan. Coba kalian tonton saja pertandingan Messi seperti apa,” ujarnya menambahkan.

“Lehernya [Messi] itu enggak pernah diam, bergerak-gerak terus [menengok-nengok]. Lihat, berpikir, bergerak, selesai. Main bola seperti itu saja, sangat simpel. Itu yang harus selalu diingat di dalam otak kalian.”

Shin Tae-yong tidak bermaksud untuk menyebut anak asuhnya tidak pandai dalam bermain bola. Hanya saja, menurut Shin, anak asuhnya kurang dalam mengambil keputusan. Tidak berpikir jernih sehingga permainan sulit berkembang.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

“Bukannya kalian tidak jago main bola, tapi kekurangan kita itu tidak berpikir. Karena tidak berpikir maka tidak ada perkembangan juga. Memang banyak harus kalian pelajari, Messi juga belajar terus, karena walaupun [hebat] begitu dia juga punya kekurangan. Sepakbola sebagai olahraga pasti ada kesalahan,” pungkas pelatih asal Korea Selatan itu.

Adapun di TC kali ini, Shin Tae-yong akan membimbing anak asuhnya selama bulan Pebruari ini. Sebab pada Maret mendatang, mereka sudah memulai partai perdananya di Piala Asia U-20 2023. Di even tersebut, skuad Garuda muda tergabung di grup A bersama Timnas Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments