Timnas Indonesia

Kapten Timnas Indonesia Asnawi Akui Dapat Tawaran Main di Liga 1 Korea



NOBARTV NEWS – Kapten Asnawi Mangkualam Bahar mengakui dirinya tengah diminati oleh beberapa klub Liga 1 Korea Selatan.

Diketahui, Asnawi merupakan satu dari beberapa punggawa Timnas Indonesia yang saat ini berkarier di luar negeri. Ia termasuk pemain yang cukup diandalkan bersama klubnya.

Sejak awal tahun 2021, pemain yang berposisi sebagai bek sayap kanan ini sudah menginjakkan kakinya di klub kasta kedua Selatan Ansan Greeners. Bersama Ansan, penampilan sang pemain cukup konsisten dan memberikan efek yang sangat positif. Meski sempat kesulitan di awal-awal musim, namun eks pemain PSM Makassar itu lambat laun mendapat kepercayaan penuh dari pelatihnya.

Ujungnya adalah Asnawi dipercaya untuk mendapat perpanjangan kontrak dari klub berjuluk The Green Wolves itu. Namun secara tiba-tiba, setelah melakoni 42 pertandingan dengan Ansan dan sudah mengemas dua gol serta tiga assist, Asnawi justru pindah ke klub K League 2 lainnya Jeonnam Dragons.

Baca Juga:  Pelatih Irak Jelang Duel dengan Indonesia: Perfoma Mereka Tidak Kebetulan

Bersama Jeonnam, permainan Asnawi semakin matang. Ia menjadi pemain utama untuk klub yang menjuarai ajang FA Cup Korea pada tahun 2021 itu. Tak hanya itu saja, Asnawi sekembalinya ke Timnas Indonesia juga disematkan sebagai kapten tim oleh sang pelatih Shin Tae-yong. Walaupun di skuad Garuda masih ada sosok yang lebih senior seperti Marc Klok, Nadeo Argawinata, atau Jordi Alba, namun pelatih asal Korea Selatan itu justru memberikan kepercayaan tersebut kepadanya.

Berkat penampilan cemerlangnya itu, beberapa rumor pun menyebut kalau pemain 23 tahun itu diminati oleh klub papan atas Liga 1 Korea Selatan. Meskipun tak menyebut klub mana yang tertarik dengannya, namun Asnawi memastikan kalau adanya ketertarikan dari beberapa klub kepada dirinya. Hal tersebut Asnawi ucapkan ketika melakukan sebuah wawancara dalam podcast Sport77 beberapa waktu lalu.

“Ada tawaran (dari K League 1) tetapi belum tahu masih proses. Doakan saja,” kata Asnawi.

Baca Juga:  STY Minta Tolong ke AFC agar Laga Indonesia vs Irak Berjalan Bagus

Musim ini, bersama Jeonnam Dragons, Asnawi sudah tampil dalam 21 pertandingan di ajang K League 2. Dari 21 laga yang dimainkannya itu, Asnawi sudah membuat dua assist. Di pertandingan terakhir yang ia mainkan, Asnawi turun sebagai starter di laga versus Gyeongnam FC (17/9).

Sayangnya, di laga tersebut, Asnawi tak bisa bermain penuh. Pasalnya, ia diganjar dua kartu kuning masing-masing pada menit ke-15 dan 49. Akibatnya, ia terpaksa diganjar kartu merah akibat dua pelanggaran yang dilakukannya. Tapi beruntungnya, meskipun Jeonnam bermain dengan 10 pemain sejak menit 49 tersebut, anak asuh Lee Jang-kwan itu berhasil mengamankan tiga poin sempurna setelah menang dengan skor akhir 3-2.

Kartu merah ini merupakan hukuman kedua yang pernah didapatkan Asnawi. Sebelumnya, pemain kelahiran 4 Oktober 1999 itu pernah mendapatkan kartu merah di pekan kedua K League 2 kontra Gyeongnam FC 3 Juni lalu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid