Timnas Indonesia

Selain Indonesia, Berikut Daftar 24 Tim untuk Piala Asia 2023



Selain Indonesia, Berikut Daftar 24 Tim untuk Piala Asia 2023
Selebrasi gol setelah Elkan Baggott mencetak gol di laga melawan Timnas Nepal

NOBARTV NEWS – Penantian Timnas Indonesia untuk berlaga di turnamen bergengsi sekelas Piala Asia akhirnya terwujud. Setelah absen selama 15 tahun, skuad Garuda akhirnya mentas lagi di Piala Asia 2023.

Namun, perjuangan Timnas Indonesia untuk menapakkan kaki di Piala Asia 2023 tidaklah mudah. Mereka harus menjalani babak play off terlebih dahulu sebelum berangkat menuju Kuwait guna mengikuti babak kualifikasi.

Di babak play off, Timnas Indonesia dipertemukan dengan Timnas Taiwan. Bermain sebanyak dua leg, Timnas Indonesia sukses mengunci kemenangan dengan agregat 5 – 1.

Perjuangan Timnas Indonesia belum selesai. Berkat kemenangan di babak play-off tadi, Timnas Indonesia akhirnya berhak tampil di babak . Skuad Garuda ditempatkan di grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Dalam grup tersebut, Indonesia bertemu dengan tuan rumah di laga perdananya. Cibiran serta keraguan menyelimuti skuad Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, dua tim yakni Yordania dan Kuwait terlalu besar untuk Indonesia. Anak asuh Shin Tae-Yong itu diprediksi akan luluh lantah di hadapan dua tim tersebut.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Akan tetapi, apa yang terjadi?

Di laga perdana, Timnas Indonesia akhirnya menang. Rekor tanpa kemenangan atas Kuwait yang sudah bertahan selama puluhan tahun lamanya dipecahkan oleh sosok pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia menang tipis 1 – 2 atas Kuwait.

Di laga keduanya, Timnas Indonesia dihadapkan dengan tim terkuat grup A, Timnas Yordania. Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia kalah. Namun penampilan mereka justru semakin padu dan memuaskan. Shin Tae-Yong bahkan menyebut anak asuhnya tampil maksimal meskipun hasil yang diinginkan belum tercapai.

Hingga pada akhirnya, Timnas Indonesia memastikan dirinya lolos sebagai peserta terakhir ke Piala Asia 2023 usai menghantam Timnas Nepal di laga pamungkas. Tidak main-main, Marc Klok dkk pecundangi Timnas Nepal dengan 7 gol tanpa balas. Hasil tersebut membuat Indonesia menjadi runner-up kedua terbaik di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Untuk babak kualifikasi, tim yang berhasil lolos ke Piala Asia 2023 berjumlah 11 tim. Enam tim merupakan juara masing-masing grup dan lima tim lainnya merupakan runner-up terbaik.

Sedangkan Piala Asia 2023 akan diisi oleh 24 tim. Lalu, bagaimana bisa ada tim lainnya di luar babak kualifikasi itu turut serta dalam turnamen (Piala Asia) tersebut?

Timnas Jepang, Korea Selatan, Suriah dan lima tim lainnya otomatis lolos ke Piala Asia 2023 setelah memastikan diri keluar sebagai juara grup di Kualifikasi Piala Asia 2022. Begitupun dengan lima runner-up terbaiknya seperti Vietnam, China, Oman, Irak, dan Lebanon. Lima tim tersebut juga lolos secara langsung ke Piala Asia 2023.

Berikut daftar 24 tim yang memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023 :

1. Jepang

2. Suriah

3. Qatar

4. Korea Selatan

5. Australia

6. Iran

7. Arab Saudi

8. Uni Emirat Arab

9. China

10. Irak

11. Oman

12. Vietnam

13. Lebanon

14. Yordania

15. Indonesia

16. Palestina

17. Uzbekistan

18. Thailand

19. India

20. Hong Kong

21. Bahrain

22. Malaysia

23. Tajikistan

24. Kyrgyzstan

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid