Timnas Indonesia

Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Berterima Kasih pada PSSI

TOPIK BERITA : NOBARTV NEWSKFAKorea SelatanPiala Asia 2023PSSIQatar


NOBARTV NEWS – AFC resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Terpilihnya Qatar tak lepas dari faktor infrastruktur yang dianggap paling lengkap di antara kontestan lainnya. Sebelumnya, Indonesia, Korea Selatan, hingga Australia mengajukan diri sebagai tuan rumah.

FA Australia sendiri telah mencabut permohonan diri untuk menjadi tuan rumah untuk ajang sepak bola terbesar di daratan Asia itu. Sehingga hanya tersisa tiga negara yaitu Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar. Salah satu syarat mutlak untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah adalah tim nasional negara tersebut dipastikan lolos ke putaran final.

Menariknya, jauh sebelum Timnas Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia 2023, PSSI sudah memiliki rencana untuk mencalonkan diri. Sehingga ketika Marc Klok dkk dipastikan tampil di Piala Asia 2023, PSSI langsung mengirimkan permohonan tersebut kepada federasi sepakbola tertinggi di Asia itu.

Namun sayang, Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa telah mengumumkan bahwa Qatar lah yang terpilih sebagai tuan rumah. Menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sebelum pagelaran Piala Asia, Qatar dianggap sebagai negara dengan fasilitas lengkap dan memiliki infrastuktur terbaik.

“Mewakili AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin memberi selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang dianugerahkan hak menyelenggarakan Piaa Asia edisi yang akan datang,” jelas sang presiden Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

“Saya juga harus memuji AFC karena menunjukkan profesionalisme terbaik dalam melakukan proses penawaran cepat yang adil dan transparan dan saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor kami atas kesabaran mereka selama masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” ujarnya menambahkan.

“Mengingat waktu persiapan yang singkat, kami tahu bahwa kerja keras segera dimulai tetapi dengan infrastruktur kelas dunia yang ada dan kemampuan penyelenggaraan yang tak tertandingi, kami yakin bahwa Qatar akan menampilkan tontonan yang layak sesuai dengan prestise dan status permata mahkota Asia.”

Tak lupa pula, sang presiden mengucapkan rasa terima kasih kepada dua federasi yang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah untuk ajang tersebut. Keduanya adalah Federasi Sepakbola Korea Selatan atau KFA dan Federasi Sepakbola Indonesia atau PSSI.

“Kita juga harus berterima kasih kepada Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) yang telah menyatakan keinginan menggelar turnamen,” tutupnya.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia diprediksi sudah bisa dibela oleh tiga pemain naturalisasinya. Mereka adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Dan di Piala Asia 2023 ini, Asia Tenggara dalam hal ini AFF mengirim empat perwakilan yakni Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Berikut 24 negara kontestan Piala Asia 2023:

  • Pot 1: Qatar, Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Arab Saudi.
  • Pot 2: Irak, Uni Emirat Arab, Oman, China, Suriah, Vietnam.
  • Pot 3: Lebanon, Uzbekistan, Yordania, Bahrain, Palestina, Kirgistan.
  • Pot 4: India, Tajikistan, Thailand, Hon Kong, Malaysia, Indonesia.
Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, AFC Berterima Kasih pada PSSI yang telah tim penulis NOBARTV NEWS ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop KriptoLowongan Kerja Penulis [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments