Piala Dunia 2022

Ironis, Tampil Baik Bersama Manchester United, De Gea Tersisih di Timnas Spanyol



Tak Ada Nama De Gea Dalam Daftar 23 pemain Spanyol
Tak Ada Nama De Gea Dalam Daftar 23 pemain Spanyol

NOBARTV NEWS – Tampil memukau bersama klubnya Manchester United, tidak serta-merta membuat salah satu penjaga gawang terbaik timnas Spanyol David De Gea menemukan tempat utama di skuad utama Spanyol jelang gelaran .

Jika menilik musim 2021/2022 De Gea yang tampil cukup baik di level klub, pantas di sematkan predikat pemain terbaik bagi Manchester United, banyak aksinya di gelaran Liga Premier Inggris mampu menghindarkan klub yang bermarkas di stadion Old Trafford itu terhindar dari kekalahan.

Namun sayang, aksinya bersama Manchester United tak mampu meluluhkan hati sang juru taktik asal Spanyol, Luis Enrique untuk memanggilnya ke dalam skuad Spanyol jelang laga jeda Internasional.

Tak Ada Nama De Gea Dalam Daftar 23 pemain Spanyol

Tim nasional Spanyol telah mengumumkan 23 pemain yang dipanggil pelatih Luis Enrique ke tim nasional, pada Jumat (18/3/2022). Spanyol akan menjalani laga uji coba kontra Albania (26/3) dan Islandia (29/3).

Tercatat, Luis Enrique memanggil tiga pemain untuk mengisi posisi penjaga gawang. Namun yang cukup mengejutkan tak ada nama De Gea dalam daftar kiper tersebut. Tiga kiper yang dipanggil ke Timnas Spanyol antara lain Unai Simon dari Athletic Bilbao, Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion) dan David Raya (Brentford). Ini menjadi panggilan perdana Raya memperkuat tim nasional.

Buntut dari tidak dipanggilnya David De Gea ke Timnas Spanyol untuk laga internasional Maret ini menimbulkan pertanyaan dari berbagai pihak. Padahal, dia merupakan salah satu pemain terbaik Manchester United.

David De Gea sejauh ini tercatat memiliki 45 caps bersama Timnas Spanyol sejak debut pada 2014. Dia terakhir kali menjaga gawang La Furia Roja saat melawan Ukraina di Nations League tahun 2020.

Alasan Tak Dipanggil Luis Enrique

Juru taktik tim nasional Spanyol, Luis Enrique buka suara terkait keputusannya tidak memasukan nama penjaga gawang Man. United, David De Gea di jeda internasional kali ini. Sang pelatih berujar jika tipikal permainan sang kiper tidak cocok dengan skema permainan yang sedang ia rancang.

Ketika ditanya mengapa De Gea tidak masuk skuatnya, begini jawaban Luis Enrique. “Saya memanggil David Raya karena kami mengamati semua kiper kami,” buka Enrique yang dikutip Manchester Evening News.

Menurut Enrique, ia sangat terkesan dengan permainan Raya. Ia menilai sang kiper tampil cukup baik bersama klubnya Brentford. Jadi ia ingin menjajal langsung sang kiper di Timnas Spanyol pada jeda internasional kali ini.

“Raya adalah pemain yang bermain dengan sangat baik. Jadi saya ingin melihatnya secara langsung di tim ini,” sambung Enrique.

Luis Enrique Coba Jajal Kiper Muda

Dalam daftar penjaga gawang timnas Spanyol, Enrique kembali memanggil Unai Simon (Athletic Bilbao), di susul dua penjaga gawang muda David Raya (Brentford) dan Robert Sanchez (Brighton & Hove Albion).

Keputusan Luis Enrique cukup beralasan, dimana ia ingin menjajal serta menambah jam terbang dua penjaga gawang muda Spanyol, selain itu sang pelatih juga menganggap De Gea sudah tak memiliki visi yang cukup tinggi dalam tim.

“Saya melihat untuk memiliki tiga kiper yang bisa jadi starter dan saya memikirkan itu saat ini, sekarang saya punya mereka. Jujur, saya tak masalah menjadikan salah satu di antara mereka semua untuk jadi starter,” begitu kata Enrique dikutip dari Goal.

Enrique pun menuturkan dua syarat darinya untuk jadi kiper timnas Spanyol, yakni kiper yang dapat jadi pemimpin di kotak penalti (serta unggul duel bola udara) dan juga kontribusi penting dalam membangun serangan. Dua area itu dinilai tak ada pada De Gea.

“Unai telah memiliki beberapa pengalaman menarik. Seorang penjaga gawang harus memulai permainan dan menghasilkan keunggulan pertama, mereka harus mendominasi permainan udara,” tambah Enrique.

“Saya membutuhkan penjaga gawang yang mengirimkan kedamaian dan ketenangan kepada saya – dan itu tidak berarti mereka tidak akan membuat kesalahan, kesalahan adalah bagian dari sepak bola. Tapi apa yang mereka hasilkan sangat saya sukai.”

Dengan tak di panggilnya De Gea dalam jeda Internasional, tentunya merupakan sebuah pesan agar sang pemain harus bisa menjaga konsistensi dan meningkatkan penampilan jika ingin dibawa ke Piala Dunia 2022.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola