Liga Negara UEFA

Hasil Pertandingan Belgia vs Belanda, Liga Negara UEFA 2022/2023 Liga A Grup 4



Selebrasi Memphis Depay Usai Mencetak Gol Kedua Ke Gawang Belgia.
Selebrasi Memphis Depay Usai Mencetak Gol Kedua Ke Gawang Belgia.

NOBARTV NEWS – Pertandingan antara Belgia vs Belanda dalam gelaran 2022/2023 Liga A Grup 4 berlangsung di Koning Boudewijn (Belgia), pada Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB. Dalam laga tersebut tim tamu Belanda tampil luar biasa, dimana mereka berhasil menggilas tuan rumah Belgia dengan skor cukup telak 1-4.

Hasil pertandingan di atas cukup mengejutkan. Pasalnya, secara materi pemain dan peringkat FIFA, Belgia berada di atas tamunya Belanda, ditambah lagi dalam laga ini Belgia berlaku sebagai tuan rumah.

Gol-gol kemenangan Belanda di cetak oleh Memphis Depay pada menit ke-51 dan ke-65. Adapun gol pertama dicetak oleh Steven Bergwijn (40′). Sementara gol keempat Belanda disumbangkan oleh bek mereka, Denzel Dumfries pada menit (61′). Sementara itu gol hiburan tuan rumah Belgia lahir dari Michy Batshuayi pada menit ke-90+3.

Dengan hasil ini, Belanda berhak menduduki puncak klasemen Grup 4 League A. Tim Oranje unggul selisih gol dari Polandia yang di laga sebelumnya mengalahkan Wales 2-1. Untuk detail jalannya pertandingan akan kami rangkum dalam kilasan berita berikut ini.

Babak Pertama Belgia vs Belanda

Membuka laga, Kedua tim nampak memperagakan permainan menyerang, namun Belanda yang datang sebagai tim tamu nampak lebih menguasai alur bola. Mereka terlihat tampil sangat agresif di babak pertama.

Alhasil beberapa peluang mampu mereka ciptakan dan membuat penjaga gawang Belgia, Simon Mignolet dipaksa jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Memasuki menit 16, Belanda nyaris membuka skor, beruntung Mignolet mampu menyelamatkan gawangnya dari ancaman yang dilepaskan Steven Berghuis. Selanjutnya di di menit 17, eks kiper Liverpool itu menggagalkan tembakan pemain Barcelona, Memphis Depay.

Terus bermain agresif, gol pembuka bagi tim tamu datang di menit 40. Adalah Steven Bergwijn yang mampu mencatatkan namanya di papan skor usai melesakkan tembakan dari luar kotak penalti. Mignolet yang sebelumnya tampil cukup baik harus memungut bola dari dalam gawangnya. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Di sisa lima menit paruh pertama, Belgia berusaha mengejar ketertinggalan, namun sayang peluang yang mereka upayakan tak kunjung datang, alhasil skor 0-1 menutup paruh pertama dan mengantar para pemain ke ruang ganti.

Babak Kedua Belgia vs Belanda

Memasuki paruh kedua Belgia berusaha bangkit, beberapa serangan mereka lancarkan. Namun koordinasi lini pertahanan Belanda yang tampil cukup apik mampu mementahkan peluang-peluang yang coba di bangun para pemain Belgia.

Belanda yang memimpin satu gol bukan tanpa perlawanan, mereka justru tampil lebih tenang dan bermain cukup rapi dalam mengalirkan bola.

Tepat di menit 51, hasil kerja sama yang apik di lini serang Belanda akhirnya membuahkan gol, kali ini ujung tombak Barcelona, Memphis Depay mampu menuntaskan umpan yang di berikan Steven Berghuis. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Belanda.

Tertinggal dua gol, para pemain Belgia nampak panik dan berusaha mengejar. Peluang berhasil mereka dapatkan melalui tembakan Leandro Trossard. Namun, tembakan pemain Brighton & Hove Albion itu dapat diantisipasi penjaga gawang Belanda, Jasper Cilessen.

Alih-alih berburu ketertinggalan, Belgia justru harus terpuruk lagi. Pasalnya dua gol berhasil dicetak para pemain Belanda hanya dalam kurun empat menit (61 dan 65). Adalah Denzel Dumfries dan Memphis Depay yang mengubah kedudukan menjadi 4-0, Belanda makin jauh memimpin.

Unggul empat gol Belanda nampak bermain lebih tenang dan menurunkan tempo permainan. Belgia terlihat terus berusaha mengejar ketertinggalan. Namun kokohnya pertahanan yang di bangun anak-anak Belanda membuat serangan tuan rumah nampak tak berarti.

Jelang kahir laga gol hiburan bagi Belgia di dapat melalui kaki Michy Batshuayi di menit 90+3. Skor 4-1 untuk keunggulan Belanda tidak berubah hingga laga berakhir.

Susunan Pemain Belgia vs Belanda

Belgia: Simon Mignolet; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Dedryck Boyata; Thomas Meunier (Yannick Carrasco 67′), Kevin De Bruyne, Axel Witsel (Michy Batshuayi 67′), Timothy Castagne; Hans Vanaken (Amadou Mvom Onana 46′), Romelu Lukaku (Leandro Trossard 27′), Eden Hazard (Dries Mertens 46′) | Pelatih: Roberto Martinez.

Belanda: Jasper Cillessen; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs De Ligt 83′); Denzel Dumfries, Davy Klaassen, Frenkie de Jong, Daley Blind; Steven Bergwijn, Steven Berghuis (Teun Koopmeiners 83′), Memphis Depay | Pelatih: Louis Van Gaal.

Peter Nawa Nawa

Penggila sepakbola yang tidak bisa bermain bola, tapi cukup lihay dalam menulis berita bola