Timnas Indonesia

3 Negara Afrika Ini Bakal Digeser Indonesia Jika Menang atas Turkmenistan dan Brunei Darussalam



NOBARTV NEWS – Pada tahun ini, senior sudah dipastikan akan memainkan tiga laga yang tercatat dalam kalender resmi FIFA. Dua laga melawan Brunei dalam ajang serta satu laga melawan Turkmenistan di FIFA Matchday. Menariknya, jika Marc Klok dkk selalu meraih kemenangan, maka tiga tim Afrika ini bakal disingkirkan Indonesia dalam rangking FIFA.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah memastikan bahwa skuad Timnas Indonesia akan berjumpa dengan Timnas Turkmenistan pada FIFA Matchday bulan September 2023. Laga melawan Turkmenistan itu akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Sejatinya, Timnas Indonesia selalu memainkan dua laga di setiap satu periode FIFA Matchday. Tahun lalu, Timnas Indonesia jumpa Curacao sebanyak dua kali di satu kalender FIFA Matchday. Di bulan Maret 2023 ini, Marc Klok dkk bertemu dengan Timnas Burundi dalam dua pertandingan. Dan di FIFA Matchday Juni kemarin, anak asuh Shin Tae-yong itu berduel dengan dua tim berbeda dalam satu periode. Dua tim tersebut adalah melawan Timnas Argentina dan Palestina.

Akan tetapi, dikarenakan skuad Garuda akan sangat sibuk di bulan-bulan September dan seterusnya, maka PSSI hanya mencarikan satu lawan bagi Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Usai Piala Asia U23, STY Jauhkan Skuad Garuda dari Hiruk Pikuk Sepak Bola

“Lawan Turkmenistan yang saya mengerti itu tim senior. Di tanggal 8 di Surabaya. tetapi apakah ada irisan dengan Timnas U-23, saya tidak tahu,” kata Ketum PSSI Erick Thohir bulan Juli kemarin.

“Yang pasti sudah ada kesepakatan dengan coach Shin Tae-yong bahwa tanggal 8 kita melawan Turkmenistan yang tim senior. Lalu melawan China Taipei tanggal 9 (Timnas U-23 Kualifikasi ), dan lawan Turkmenistan lagi tanggal 12 jadi ada jeda,” ucapnya menambahkan.

Selain melawan Turkmenistan, di tahun 2023 ini, Timnas Indonesia senior juga dipastikan akan melawan Timnas Brunei Darussalam sebanyak dua kali. Laga melawan Brunei sendiri merupakan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Untuk pertandingan tersebut, setiap negara akan bertindak sebagai tuan rumah masing-masing sebanyak satu kali sehingga total laga akan dimainkan sejumlah dua kali.

Sehingga untuk sejauh ini, baru tiga laga lah yang dipastikan akan dilakoni oleh Marc Klok dkk. Menariknya, ketiga laga tersebut seluruhnya masuk dalam kalender resmi FIFA. Dengan demikian, tiga pertandingan ini akan tercatat dan memiliki pengaruh terhadap posisi Timnas Indonesia di rangking FIFA.

Jika Timnas Indonesia mampu menyapu bersih ketiga laga tersebut dengan kemenangan, maka skuad Garuda akan memperoleh 23,3 poin tambahan. Bila dirincikan, kemenangan dari Turkmenistan bernilai 5,41 poin dan dua kemenangan atas Brunei diganjar 17,72 poin.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat 150 dengan 1,047.46 poin. Jika ditambahkan 23,3 poin akan berjumlah menjadi 1,070.59. Dengan tambahan 23,3 poin tersebut, maka Timnas Indonesia akan merangkak ke peringkat 144 dunia. Dan menariknya, jika hal itu terjadi, maka anak asuh Shin Tae-yong itu akan melangkahi tiga tim Afrika di rangking FIFA. Siapa saja?

Pertama, Timnas Indonesia akan melewati Timnas Liberia. Diketahui, Liberia saat ini mengantongi poin sebanyak 1,049.94. Tiga kemenangan Timnas Indonesia nanti akan membuat Liberia tersingkir ke peringkat 148. Kedua adalah Bostwana. Pada FIFA Matchday September mendatang, Bostwana akan bertemu dengan Timnas Tunisia. Jika Bostwana kalah dari sang lawan, maka poin mereka akan berkurang sehingga membuat Timnas Indonesia melewatinya. Ketiga adalah Timnas Eswatini. Saat ini, Eswatini berada di peringkat 146 dunia. Untuk FIFA Matchday mendatang, Eswatini akan berhadapan dengan Timnas Burkina Faso. Jika Eswatini kalah sedangkan Timnas Indonesia menyapu bersih ketiga laga dengan kemenangan, maka jelas posisi mereka akan dilewati oleh skuad Garuda.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment