Timnas Indonesia

Menpora RI Zainudin Amali Daftar sebagai Cawaketum PSSI Periode 2023-2027



NOBARTV NEWS – KLB PSSI akan dilangsungkan sekitar satu bulan lagi. Batas akhir pendaftaran Bakal Calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI sudah ditutup pada Senin kemarin. Menariknya, dalam daftar bakal calon Waketum PSSI itu terdapat nama yang sangat tak asing. Adalah Zainudin Amali, pria yang kini menjabat sebagai Menpora RI ini ikut mencalonkan diri.

Sebagaimana diketahui, KLB PSSI akan digelar pada 16 Januari mendatang. Dalam kongres tersebut, akan dipilih pengurus baru untuk Ketum PSSI berikut dengan bawahan-bawahannya. Sebetulnya, KLB PSSI akan dilakukan pada akhir tahun ini. Hanya saja, karena Tragedi Kanjuruhan, banyak kalangan yang menuntut PSSI direvolusi total. Maka jalan satu-satunya untuk melakukan revolusi adalah dengan melakukan pemilihan ulang kepengurusan dalam sebuah Kongres Luar Biasa.

Tercatat, sampai akhir pendaftaran untuk bakal calon Ketum, Waketum, dan Exco PSSI kemarin, terdapat banyak nama lama yang turun mendaftarkan diri. Ketua Komisi Pemilihan PSSI Amir Burhanuddin mengatakan bahwa data (nama-nama calon) tersebut masih mentah.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

“Kami KP hari ini pukul 18.00 menyatakan tutup dari tahapan penyampaian dukungan dan kesediaan para calon. Dari data yang masuk ke kami, masih data mentah. Artinya kemungkinan ada nama-nama ganda dan sebagainya,” kata Amir Burhanuddin.

“Kami belum membuka berkas satu per satu. Saat buka berkas, itu nanti di tahapan verifikasi. Dari data yang kami terima, baik dukungan para anggota maupun kesediaan masing-masing calon terdapat lima calon ketum. Semuanya laki-laki,” ujarnya menambahkan.

Tercatat, untuk bakal Calon Ketum PSSI ada 5 orang, lalu Waketum 17 nama, dan Exco 78 orang. Menariknya, dalam daftar 17 nama bakal calon Waketum PSSI itu, terdapat nama Zainudin Amali yang tak lain adalah Menpora RI. Amali akan bersaing dengan 16 nama lainnya untuk memperebutkan kursi tersebut.

Masih menurut Amir Burhanuddin, terdaftarnya nama Amali karena dirinya memang sepakat untuk maju sebagai orang nomor dua di PSSI. Karena sebagaimana diketahui, beberapa nama memang didaftarkan atau diajukan oleh voters. Namun untuk Amali, ia mengutus stafnya untuk datang mendaftarkan namanya.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Melalui stafnya datang ke kantor PSSI sekitar pukul 12 siang. Beliau [Amali] sudah menyampaikan kesediaan mencalonkan diri sebagai calon wakil ketum,” kata Amir Burhanuddin lagi.

“Nanti akan kami konfirmasi dengan syarat lain. Begitu juga yang lainnya. Syarat calon minimal dukungan 1 anggota PSSI,” pungkasnya.

Berikut Daftar Bakal Calon Waketum PSSI Periode 2023-2027:

  1. Ahmad Riyadh

  2. Ahmad Sauqi Suratno

  3. Andre Rosiade

  4. Azrul Ananda

  5. Doni Setiabudi

  6. Sutandi

  7. Fary Djemy Francis

  8. Hasani Abdul Gani

  9. Hasnuryadi Sulaiman

  10. Iwan Budianto

  11. Juni Rachman

  12. Maya Damayanti

  13. Ratu Tisha

  14. Sadikin Aksa

  15. Yesayas Oktavianus

  16. Yunus Nusi

  17. Zainudin Amali

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments

  1. Gak ada masalah beliau seorang menteri olahraga pastinya juga paham dengan sepakbola. Sudah saatnya PSSI diisi oleh mereka yg mengerti sepakbola baik Ketum Waketum ataupun Exco-exconya, bukan mereka yg sok-sokan bicara tentang sepakbola tapi nol pengetahuan