Timnas Indonesia

Timnas U-20 Kalah, STY Malah Senang: Saya Lumayan Puas!



NOBARTV NEWS – Garuda muda gagal menutup uji coba di Turki dengan kemenangan. Menghadapi tim Timur Tengah Al-Adalah FC, skuad asuhan Shin Tae-yong tumbang dengan skor akhir 2-0. Meski demikian, sang pelatih mengaku puas dengan penampilan anak asuhnya itu.

Diketahui, esok 15 November 2022 merupakan hari keberangkatan skuad Garuda muda ke Spanyol. Di Spanyol, mereka juga akan mengikuti pemusatan latihan lanjutan dan melakoni beberapa agenda uji coba. Sejatinya, mereka sudah berada di Spanyol sejak beberapa hari lalu. Namun karena visa yang tak kunjung rampung membuat mereka bertahan di Turki sembari melanjutkan pemusatan latihan dan melakoni uji coba tambahan.

Uji coba semalam melawan Al-Adalah FC merupakan uji coba terakhir mereka di Turki. Total, ada tujuh uji coba yang sudah diikuti oleh Marselino Ferdinan dkk. Menariknya, di dua uji coba terakhir, U-20 telah kedatangan amunisi baru yakni bek tengah Justin Hubner dan gelandang tengah Ivan Jenner. Keduanya merupakan pemain pilihan STY yang tengah diproses untuk menjadi WNI agar bisa tampil membela Timnas Indonesia di 2023 nanti.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Dari tujuh uji coba yang sudah dijalaninya, skuad Garuda muda telah memenangkan tiga laga masing-masing atas Cakallikli Spor (2-1), Timnas Moldova U-20 (3-1) dan Antalyaspor U-20 (3-2). Selain itu Marselino Ferdinan dkk juga telah bermain imbang sebanyak dua kali masing-masing atas Baerum SK U-20 (3-3) dan pertemuan kedua dengan Timnas Moldova U-20 (0-0). Timnas Indonesia U-20 hanya kalah dua kali masing-masing atas Timnas Turki U-20 (2-1) dan terakhir melawan Al-Adalah FC (2-0) tadi malam.

Meski anak asuhnya takluk di laga terakhirnya tadi malam, Shin justru mengaku puas. Pria berkebangsaan Korea Selatan itu cukup memaklumi sang lawan yang diisi oleh banyak pemain senior.

“Untuk isi pertandingan saya kira oke. Saya lumayan puas. Tetapi memang untuk kemasukan gol yang harus diperbaiki agar bisa lebih baik lagi ke depannya,” ujar Shin usai laga.

Baca Juga:  Indonesia vs Yordania: Skuad Garuda di Ambang Sejarah

Tidak hanya Shin, kapten Garuda Muda Muhammad Ferrari juga mengakui bahwa pertandingan melawan Al-Adalah merupakan pertandingan yang sangat bagus.

“Pertandingan tadi sangat bagus untuk persiapan ke depannya dan dari babak pertama kami beberapa kali buat peluang tapi belum maksimal,” tutup sang kapten yang bermain di Persija Jakarta itu.

Setibanya di Spanyol nanti, Timnas Indonesia disebut bakal ikut dalam turnamen mini yang disebut Pinatar Arena. Selain Indonesia, dua negara asal Asia yakni Arab Saudi dan Jepang disebut-sebut bakal ikut dalam turnamen itu. Hanya saja, sampai saat ini para staf dalam hal ini Nova Arianto mengaku tidak tahu dengan rencana (keikutsertaan) itu.

Berbanding terbalik dengan Nova yang mengaku tak tahu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan justru mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan surat undangan dari penyelenggara Pinatar Arena. Akan tetapi, keputusan apakah mereka (Garuda muda) bakal ikut atau tidak Iriawan serahkan kepada sang pelatih Shin Tae-yong.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments