Timnas Indonesia

Erick Thohir: Jangan Remehkan Timor Leste!



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memiliki pesan kepada para skuad Garuda yang akan bertanding melawan Timnas Timor Leste U-22 sore nanti.

Sebagaimana diketahui, pada sore hari nanti, bertempat di Olympic Stadium, Phnom Penh Kamboja, anak asuh Indra Sjafri akan memainkan laga ketiganya di fase grup SEA Games 2023. Dijadwalkan, Rizky Ridho dkk akan berhadapan dengan Timnas Timor Leste U-22.

Sejauh ini, kedua tim mengalami hasil berbeda dari dua laga awal yang sudah dijalaninya. Skuad U-22 menyapu kedua laga awal dengan kemenangan masing-masing atas Timnas Filipina U-22 (3-0) dan Timnas Myanmar U-22 (5-0). Adapun Timnas Timor Leste U-22, negara yang dulunya bagian NKRI (Negara Kedaulatan Republik Indonesia) itu meraih satu kali kemenangan dan satu kali menelan kekalahan. Sempat dikalahkan Timnas Myanmar U-22 (1-0) di game pertamanya, skuad Timor Leste U-22 bangkit di laga kedua. Di game kedua tersebut, Timor-Leste U-22 meraih kemenangan atas Timnas Filipina U-22 (3-0).

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Dari hasil pertandingan kedua tim di atas, skuad Garuda jelas lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan di laga sore nanti. Sebab dari riwayat pertandingan tersebut, Timnas Indonesia sejauh ini masih perkasa atas lawan-lawannya. Bahkan, mereka sangat produktif sejauh ini. Dari dua laga, anak asuh Indra Sjafri itu sudah membuat total 8 gol tanpa pernah kebobolan sama sekali. Sedangkan Timnas Timor Leste U-22, dari dua laga tersebut, mereka baru mencetak gol 3 kali serta sudah dibobol sebanyak satu kali.

Meski demikian (diunggulkan), Ketua Umum PSSI Erick Thohir meminta skuad Garuda untuk tidak meremehkan sang lawan. Walaupun seperti yang kita ketahui skuad Timor Leste di berbagai kelompok umur selalu mampu dipendam baik itu oleh tim senior maupun junior skuad Indonesia.

Pesan tersebut Erick sampaikan baru-baru ini.

“Alhamdulillah di dua game ini saya lihat kepercayaan diri anak-anak baik, kebersamaan baik. Mereka punya kemauan ketika di jarak tertentu menendang bola dan itu yang kita harapkan. Mudah-mudahan saya juga melihat optimisme, karena habis ini lawan Timor Leste, setelahnya lawan tuan rumah [Kamboja],” kata Erick Thohir.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Tidak boleh anggap remeh, bola itu bulat. Timor Leste kemarin bisa kalahkan Filipina. Kita harus tetap waspada,” ujarnya menambahkan.

Bahkan, Erick Thohir ogah untuk berbicara tentang juara. Sebab skuad Garuda sendiri baru memainkan dua pertandingan. Masih ada beberapa laga penting yang akan dihadapi merek di pertandingan berikutnya.

“Kita menang dua pertandingan, tapi saya rasa terlalu dini [bicara juara]. Tapi yang pasti yang kita sepakati sejak awal saya percaya kunci perbaikan Timnas selain kita punya kompetisi yang baik, seleksi pemain yang baik, tapi setelah menjadi sebuah tim harus punya kebersamaan dan mental,” tegas Ketua Umum PSSI itu lagi.

“Ini yang sering saya yakini di banyak hal kita punya skill, kemampuan, tapi mental tidak bisa, akhirnya kita biasanya di dalam permainan tidak berkembang. Kita jangan bicara sebuah kemenangan, tapi sebenarnya itu belum terjadi, kita masih pertempuran sekarang, jadi itu yang harus dijaga,” kata Erick memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid