Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Andalkan Pemain Abroad untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024



NOBARTV NEWS – Shin Tae-yong mengandalkan pemain abroad untuk tampil di Kualifikasi 2024.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2023 ini, Shin Tae-yong memiliki beberapa agenda super padat bersama senior dan Timnas U-23. Bersama Marc Anthony Klok dkk, Shin Tae-yong memiliki tugas untuk membawa skuad Garuda meraih kemenangan di Ronde 1 2026 Zona Asia. Dalam babak drawing yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia dipastikan jumpa Timnas Brunei Darussalam.

Selain Ronde 1 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, STY juga akan menukangi skuad Garuda di beberapa ajang FIFA Matchday. Salah satu tim yang sudah terkonfirmasi menjadi lawan skuad Timnas Indonesia adalah Turkmenistan. Laga melawan Turkmenistan akan tersaji pada FIFA Matchday September mendatang di Gelora Bung Tomo Surabaya.

Selain bersama Timnas Indonesia senior, seperti yang disebutkan di awal tadi, pria berkebangsaan Korea Selatan itu juga akan menukangi Timnas Indonesia U-23. Ada dua ajang yang akan dihadapi oleh Timnas U-23. Pertama adalah U-23 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Untuk Piala AFF U-23 2023, PSSI tidak memberikan target apapun kepada anak asuh Shin Tae-yong itu. Oleh karena itu, kemungkinan besar skuad Garuda hanya akan berkekuatan pemain lokal saja pada even tersebut. Hal itu didasari karena dua hal. Pertama, tak ada target yang dipasang PSSI sehingga pemain yang digunakan cukup dari Liga lokal saja. Kedua, karena even ini tak masuk dalam kalender resmi FIFA, maka untuk meminta pemain abroad pun sepertinya sulit untuk dikabulkan oleh klub di mana tempat para pemain tersebut berkarier.

Akan tetapi, untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Shin Tae-yong berharap para pemain abroad untuk bergabung. Hal itu dikarenakan untuk even ini, Timnas Indonesia ditargetkan untuk lolos sebagai juara grup demi tampil langsung di putaran final yang akan digelar di Qatar tahun depan (Piala Asia U-23 2024).

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Hal tersebut disampaikan oleh asisten STY yakni Nova Arianto.

“Ya pasti ada, pemain dari SEA Games, pemain U-20 kemarin semua ada kesempatan. Itu akan kita lihat setelah pertandingan-pertandingan ujicoba,” ujar Nova Arianto.

“Ya ditunggu aja nanti setelah rapat lagi kita umumkan (pemain yang dipanggil). Kalau pemain abroad kayaknya nggak mungkin ya karena bukan FIFA Matchday,” katanya menambahkan.

“Tapi untuk AFC (Kualifikasi Piala Asia U-23 2024) kemungkinan kita pakai (kemungkinan kita panggil),” pungkas pria berkepala plontos itu.

Sekadar diketahui, beberapa pemain yang sudah berlabel punggawa Timnas Indonesia senior beberapa di antara mereka masih bisa digunakan di Kualifikasi Piala Asia U-23 nanti. Kebetulan, usia mereka masih memenuhi syarat untuk bisa tampil di ajang tersebut. Mereka adalah Elkan Baggott (Ipswich Town), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Ivar Jenner (FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment