Timnas Indonesia

Sumbang Banyak Pemain untuk Tim Nasional, STY Puji Persija Jakarta



NOBARTV NEWS – Jarang sekali pelatih Shin Tae-yong melempar pujiannya kepada klub Liga Indonesia. Namun kemarin, pelatih asal Korea Selatan itu mengungkapkannya kepada klub Liga 1 Persija. Hal itu diutarakan STY karena Persija menyumbang banyak pemainnya untuk Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong lewat PSSI telah memanggil dua kelompok umur Timnas Indonesia untuk mengikuti TC terpusat di Kota Jakarta. TC tersebut diikuti oleh Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-20.

Untuk skuad senior, Shin memanggil 28 nama yang menariknya, enam di antaranya merupakan pemain Macan Kemayoran (Persija Jakarta). Jumlah pemain tersebut menjadi yang terbanyak di antara klub-klub lainnnya. Sebelumnya, Persija juga beberapa kali menyumbang banyak pemain untuk skuad Timnas Indonesia. Untuk persiapan FIFA Matchday Maret ini, tim asal ibukota tersebut melepas enam pemainnya. Mereka adalah Muhammad Ferrari, Dony Tri Pamungkas, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak, dan Hansamu Yama Pranata.

Ke-enam nama tersebut melengkapi 28 pemain yang dipersiapkan Shin jelang laga melawan Timnas Burundi.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

Adapun untuk skuad Garuda muda (Timnas Indonesia U-20), STY meminta 8 pemain Persija untuk bergabung. Dua di antara 8 pemain tersebut merupakan Muhammad Ferrari dan Dony Tri Pamungkas yang diketahui juga bergabung di tim senior. Enam pemain lainnya adalah Resa Aditya Nugraha, Cahya Supriadi, Achmad Maulana Syarif, Frengky Missa, Alfriyanto Nico, dan Ginanjar Wahyu.

Untuk pemain muda tersebut, STY tengah mempersiapkan mereka untuk tampil di pada bulan Mei mendatang. Jadi, sebelum melakukan TC jangka panjang di Korea Selatan pada April mendatang, 29 pemain Garuda muda diminta untuk mengikuti TC selama 10 hari di Jakarta – yang di mana pelaksanaan TC tersebut berbarengan dengan Timnas Indonesia senior.

Menariknya, seperti yang disebutkan di atas tadi, Persija lagi-lagi menyumbangkan banyak pemainnya untuk tim junior tersebut. Sejak U-19 2022, berlanjut ke Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, TC di benua Eropa, hingga Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan kemarin Persija rutin menyumbang banyak pemain.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Setelah sekian even yang diikuti dan Persija selalu menjadi tim dengan klub pemasok terbanyak untuk tim nasional, baru kali ini Shin Tae-yong angkat bicara. Eks pelatih Seongnam Ilhwa itu memuji tim yang diasuh Thomas Doll tersebut karena rutin mencetak pemain-pemain bagus.

“Jujur belum tahu, saya tak tahu. Tapi saya liat langsung memang ada pemain bagus di Persija, jadi saya panggil,” kata Shin Tae-yong.

“Mungkin karena Persija punya sistem pembinaan usia dini yang baik, makanya bisa produksi pemain yang baik,” sambungnya.

Bahkan Shin Tae-yong tak menyalahkan Persija ketika klub ibukota itu menahan pemainnya untuk bergabung di TC Timnas Indonesia. Shin sadar dan paham betul bagaimana kebergantungan sebuah tim kepada pemain. Terlebih jika pemain yang diminta bergabung cukup banyak.

“Memang sedang ada masalah Persija dan Persib sekarang. Tapi sebenarnya bukan salah mereka, Persija juga lagi rugi, begitu juga Persib. Kita juga sama. Jadi sebenarnya gak boleh membuat jadwal liga seperti ini, apalagi namanya pelatih kalau ga ada prestasi baik, ya pasti posisinya akan berbahaya dan berisiko sekali gitu,” pungkasnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment