Timnas Indonesia

Timnas U-20 Dipecundangi Prancis, STY Sebut Anak Asuhnya Takut Duluan

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Garuda muda bertekuk lutut di hadapan Timnas Prancis U-20. Berjumpa pada ajang Costa Calida Region de Murcia Football Week, dilibas 6 gol tanpa balas. Pelatih Shin Tae-yong angkat suara dengan kekalahan besarnya timnya itu.

Laga yang dilangsungkan di Pinatar Arena ini merupakan laga uji coba pertama Timnas Indonesia di Negeri Matador Spanyol. Menghadapi Prancis juga menjadi salah satu uji coba paling bergengsi sejauh ini. Pasalnya, Prancis dihuni oleh banyak pemain inti yang memperkuat tim-tim papan atas Prancis – bahkan luar negeri. Selain itu, Prancis adalah salah satu kontestan 2023 mewakili UEFA.

Sayang, di pertandingan ini Garuda muda tak berdaya. Meski sudah diperkuat oleh dua pemain keturunan Justin Hubner dan Ivan Jenner, skuad asuhan STY kalah segalanya. Di babak pertama, Timnas Indonesia kalah telak 3-0. Berlanjut ke babak kedua, gawang Garuda muda kembali kebobolan. Total 6 gol bersarang ke gawang Timnas Indonesia.

Baca Juga:  Menanti Kontrak Baru STY lewat Duel Indonesia vs Yordania

Usai laga, Shin Tae-yong membeberkan fakta mengapa anak asuhnya bisa kalah dengan skor sebesar itu. Kata Shin, kekalahan utama timnya disebabkan karena anak asuhnya masih kelelahan. Sebagaimana diketahui, jarak pertandingan terakhir Timnas Indonesia di Turki dengan jarak pertandingan pertama di Spanyol amat dekat. Kurang dari satu minggu, Timnas Indonesia harus melakoni dua laga berat dan penting.

“Karena kondisi mereka belum pulih karena kelelahan, para pemain belum bisa memberikan kemampuan terbaik di laga ini,” ujar Shin Tae-yong usai laga.

“Tentu ada evaluasi untuk tim, karena di pertandingan tadi banyak melakukan kesalahan,” tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Selain itu, STY menyebut anak asuhnya sudah takut duluan sebelum bertanding. Hal itupun membuat mental mereka jatuh sebelum bertempur.

“Kami ingin jika pemain melawan tim yang kuat serta kualitasnya diatas mereka agar jangan takut dan harus kuat mental.”

Baca Juga:  Deretan Wasit di Laga Indonesia vs Yordania

“Kemampuan pemain sebenarnya baik sekali, namun karena takut duluan jadi kita tidak bisa menampilkan permainan terbaik,” tutupnya.

Usai melawan Prancis, Garuda muda dijadwalkan menghadapi Timnas Slovakia dalam even yang sama. Pertandingan itu akan dilangsungkan pada Sabtu 19 November 2022 pukul 18.00 WIB.

Selain uji coba melawan Prancis dan Slovakia, Garuda muda juga akan melakukan dua uji coba lainnya selama berada di Spanyol. Hanya saja, dua lawan lainnya belum dipastikan karena PSSI sendiri masih melakukan penjajakan. Namun yang pasti, Ketum PSSI Mochamad Iriawan berharap Indonesia melawan tim kuat sebelum nanti pulang ke Indonesia.

“Tentu pada pertandingan ini para pemain mendapatkan pengalaman berharga dari salah satu tim kuat dari Eropa yakni Prancis,” papar Iwan Bule.

“Kami berharap pemain tetap semangat, kerja keras, disiplin dan terus berkembang lebih baik selama pemusatan latihan di Spanyol,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

4 Comments