Timnas Indonesia

Jurnalis Inggris, John Duerden : Indonesia Calon Tuan Rumah Terbaik Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


Jurnalis Inggris, John Duerden : Indonesia Calon Tuan Rumah Terbaik Piala Asia 2023
Skuad

NOBARTV NEWS – AFC secara resmi telah merilis 4 calon tuan rumah Piala Asia 2023. Di antara keempat nama tersebut, terselip nama Indonesia yang siap bersaing memperebutkan hak istimewa sebagai tuan rumah. Jurnalis asal Inggris, John Duerden menyebut Indonesia sebagai calon tuan rumah terbaik untuk event ini.

Tiga tim lainnya yang turut meramaikan persaingan tersebut adalah Korea Selatan, Qatar, dan Australia. Indonesia terbilang cukup berani untuk bersaing dengan tiga nama tersebut. Terlebih, dari segi fasilitas, Indonesia bisa dikatakan memiliki banyak kekurangan dibandingkan tiga nama tadi.

Namun, PSSI bukannya tanpa persiapan. Indonesia memiliki modal yang cukup mentereng. Berstatus sebagai tuan rumah , PSSI ingin meyakinkan bahwa event sekelas dunia saja sanggup untuk mereka tampung – apalagi dengan event sekelas Piala Asia.

Selain itu, catatan penting yang menjadi CV bagi PSSI adalah Indonesia pernah menjadi tuan rumah dalam event yang sama pada tahun 2007 lalu. PSSI ingin mengulangi momen pada tahun tersebut.

Baca Juga:  Pelatih Guinea U23 Ungkap Masalah Timnya Jelang Hadapi Timnas Indonesia

Namun di sisi lainnya, kita sepakat jika Qatar menjadi negara yang paling siap di antara tiga nama lainnya. Berbekal tuan rumah , Qatar siap untuk menyelenggarakan event lainnya. Sarana dan prasarana Qatar lebih lengkap karena event Piala Asia akan dihelat beberapa bulan usai Piala Dunia 2022. Namun yang perlu menjadi catatan adalah event Piala Asia 2023 akan berlangsung pada Juni – Juli yang di mana saat itu Qatar sedang mengalami cuaca yang cukup ekstrem.

Begitupun dengan Australia – yang juga pada tahun depan akan bertindak sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023.

Sehingga tersisa Indonesia dan Korea Selatan lah yang paling memungkinkan untuk menjadi tuan rumah.

“Indonesia adalah salah satu yang menarik tetapi sudah begitu lama sejak Korea Selatan menjadi tuan rumah. Asal tawarannya kuat, Korea Selatan bisa jadi tuan rumah,” tulis John Duerden.

Kita sepakat bahwa masyarakat Indonesia merupakan penggila sepak bola. Dengan fanatisme yang sangat tinggi, AFC harus mempertimbangkan memilih Indonesia karena faktor tersebut.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Tidak bisa dipungkiri bahwa sepak bola sudah menjadi magnet – dan magnet tersebut akan mendatangkan banyak hal – yang salah satunya adalah penonton. Sejak dulu, sepak bola sudah merambah ke dalam dunia bisnis. Dan dalam bisnis, tentu terdapat perputaran uang yang ‘jarang' sekali kita cermati.

Sehingga dalam hal ini, Indonesia bisa jadi opsi yang paling tepat untuk dijadikan tuan rumah. AFC akan diuntungkan dengan kehadiran (penonton) dan exposure yang besar. PSSI dan Timnas Indonesia akan diuntungkan pula dengan regulasi dalam event itu sendiri.

Sebagaimana diketahui, jika Indonesia bertindak sebagai tuan rumah, maka posisi Indonesia di Piala Asia yang sebelumnya tergabung di pot 4 otomatis loncat ke pot 1.

Kesempatan ini yang tengah diinginkan Indonesia. Sebab dengan demikian, Indonesia akan terhindar dari tim-tim berbahaya seperti Iran, Jepang, hingga Korea Selatan. Sehingga Indonesia memiliki peluang yang lebih besar untuk melaju ke babak berikutnya disebabkan oleh ‘hak istimewa' tersebut.

 

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid