Timnas Indonesia

STY Disebut-sebut Bakal Perpanjang Kontrak 3 Tahun, Begini Respons Erick Thohir

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir akhirnya buka suara soal rumor yang menyebutkan kalau PSSI akan segera memperpanjang kontrak Shin Tae-yong dengan jangka waktu yang cukup panjang.

Sebagaimana diketahui, kontrak Shin Tae-yong bersama sejatinya akan berakhir pada Desember akhir tahun ini. Namun karena terdapat agenda yang cukup penting, sementara tak mungkin bagi PSSI untuk mencari pelatih baru, maka Federasi Sepakbola Indonesia itu pada akhirnya memperpanjang kontraknya hingga berakhir agenda penting yang dimaksud itu.

Agenda tersebut adalah Piala Asia 2023 (dimainkan tahun 2024). Di even ini, skuad Garuda menjadi salah satu peserta setelah bertahun-tahun lamanya tak pernah ambil bagian. Menariknya, pelatih yang berhasil membawa skuad Garuda mentas di ajang tersebut adalah Shin Tae-yong itu sendiri.

Awalnya, Piala Asia 2023 ini akan digelar di Qatar tepat pada tahun penyebutannya. Namun dikarenakan cuaca ekstrem akan melanda Qatar di tahun 2023 itu, maka AFC memutuskan untuk menggeser pelaksanaannya ke tahun 2024.

Maka dengan demikian, mau tak mau, PSSI pun wajib memperpanjang kontrak Shin selama beberapa bulan hingga berakhirnya even tersebut. Sebab tak mungkin bagi PSSI sendiri mencari pengganti pelatih Timnas Indonesia di saat ada orang yang lebih paham dengan permainan mereka seperti Shin Tae-yong.

Baca Juga:  Profil Shaun Evans: Wasit Indonesia vs Korsel yang Pernah Bikin Kesal Suporter Persib dan Timnas Indonesia

Dan kabar menariknya, berdasarkan rumor yang beredar, Piala Asia 2023 akan menjadi patokan Shin Tae-yong untuk mendapatkan perpanjangan kontrak lebih lama lagi atau tidak. Singkatnya, jika permainan skuad Garuda tak memuaskan di Piala Asia 2023, maka Shin akan terhempas. Namun jika sebaliknya, maka pria asal Korea Selatan itu akan mendapatkan sodoran kontrak dengan durasi yang lebih lama.

Akan tetapi, berdasarkan keterangan Shin Tae-yong baru-baru ini, ia mengklaim kalau PSSI akan segera memperbaharui kontraknya. Dalam penjelasannya itu, Shin tak memaparkan apakah kontrak yang akan diumumkan oleh PSSI itu terkait dengan kontrak hingga berakhirnya Piala Asia 2023 atau bukan.

Namun berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh pengamat sepakbola Tio Nugroho, kontrak Shin akan diperpanjang selama tiga tahun ke depan. Entah dari mana Tio mendapatkan kabar tersebut, tapi apa yang dirtuliskannya saat itu mendapat respons dari Ketum PSSI Erick Thohir.

Baca Juga:  Resmi: PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

“Alhamdulillah … Sepertinya Kontrak baru #shintaeyong untuk #timnasindonesia akan berdurasi 3 tahun dengan beberapa target tertentu. Bagaimana menurut kalian guys?” cuit Tio Nugroho di akun twitternya @t10nugroho.

Sempat menjadi konsumsi banyak netizen serta media, Erick Thohir akhirnya memberikan penjelasan.

“Pembicaraan saya dengan coach Shin Tae-yong, kontraknya sampai Juni 2024,” tegas Erick Thohir.

“Soal penilaiannya nanti, diperpanjang lebih panjang sesuai dengan prestasi di Piala Asia 2023 dan 2024. Saya rasa coach Shin Tae-yong sudah berbuat maksimal,” jelasnya lagi.

“Ketika mengantar timnas U-23 ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Selain itu, Timnas Indonesia juga kembali ke Piala Asia setelah 16 tahun. Jadi, suatu prestasi yang luar biasa.”

“Saya mengapresiasi perpanjangan kontrak, tetapi kalau lebih panjang lagi, tentu saya berharap ada target-target yang disepakati. Saya berdiskusi dengan coach Shin Tae-yong, saya ada kedekatan. Ini hal yang baik untuk sepak bola Indonesia,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments