Timnas Indonesia

Tergabung di Grup D, Berikut Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Dalam drawing Piala Asia 2023 kemarin, dipastikan berada di grup D bersama Timnas Irak, Jepang, dan Vietnam. Berikut jadwal lengkap beserta venue pertandingan Timnas Indonesia selama fase grup Piala Asia 2023.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis 11 Mei kemarin, telah dilakukan drawing Piala Asia 2023 di Doha Qatar. Qatar dipilih sebagai lokasi drawing karena di sanalah even Piala Asia tersebut akan dimainkan. Awalnya, China seharusnya bertindak sebagai tuan rumah untuk ajang ini. Akan tetapi, karena China tengah fokus pada penanggulangan covid-19, maka negara yang dijuluki negeri tirai bambu itu memutuskan diri untuk menarik keikutsertaannya.

Beberapa negara sempat mengajukan diri sebagai pengganti. Sebut saja seperti Australia, Indonesia, hingga Korea Selatan. Namun AFC selaku otoritas sepak bola tertinggi di Asia telah memutuskan Qatar sebagai penggantinya. Qatar dianggap negara yang paling siap karena mereka baru saja sukses menggelar even yang jauh lebih besar yaitu .

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Faktor infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Qatar dianggap sebagai yang terbaik di antara para negara yang mencalonkan diri sebagai pengganti.

Dan kemarin, di babak drawing tersebut, skuad Timnas Indonesia tergabung di pot 4 bersama lima negara lainnya. Tim-tim yang tergabung di pot 4 merupakan enam negara dengan peringkat paling rendah di antara 24 kontestan Piala Asia 2023. Dan dalam babak grup nanti, tim yang berada dalam satu pot tidak akan mungkin saling bertemu.

Oleh sebab itu, ketika pengocokan dilakukan, Timnas Indonesia yang merupakan kontestan dari pot 4 berada di grup D. Sementara itu, lima tim lainnya dari pot 4 tersebut tersebar ke masing-masing grup A, B, C, E, dan F. Negara yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di grup D tersebut diambil dari masing-masing pot 1 sampai 3. Dari pot 1, raksasa Asia Timnas Jepang akan menemani Skuad Garuda. Adapun dari pot 2, negara asal Asia Tenggara yakni Timnas Vietnam turut membersamai anak asuh Shin Tae-yong itu. Tim asal timur tengah Irak dari pot 3 juga berada di grup (D) tersebut.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Direncanakan, Piala Asia 2023 akan digelar pada tahun 2024 mendatang dari bulan Januari sampai bulan Pebruari. Untuk Timnas Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong itu akan memulai partai pembukanya melawan Timnas Irak. Di laga keduanya, Marc Klok dkk akan berjumpa dengan negara Asia Tenggara Vietnam. Dan di laga terakhir fase grup tersebut, Timnas Indonesia akan bermain melawan Takefusa Kubo dkk

Berikut Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala Asia 2023:

Indonesia vs Irak (15 Januari) di Ahmad bin Ali Stadium

Vietnam vs Indonesia (19 Januari) di Abdullah bin Khalifa Stadium

Jepang vs Indonesia (24 Januari) di Ahmad bin Ali Stadium

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid