Timnas Indonesia

Soal Target Garuda Muda di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Minta Wartawan Tanya STY



NOBARTV NEWS – Dalam waktu dekat, akan tampil di even 2023. Terkait target skuad Garuda muda di ajang tersebut, Erick Thohir mempersilakan wartawan untuk bertanya kepada sang pelatih Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, lengkap sudah 24 kontestan untuk Piala Dunia U-20 2023. Muhammad Ferrari dkk dipastikan akan tergabung di pot 1 bersama tim-tim kuat seperti Timnas Italia U-20, Timnas Uruguay U-20, Timnas Amerika Serikat U-20, Timnas Prancis U-20, dan Timnas Senegal U-20.

Dengan demikian, skuad Garuda muda tak akan berada dalam satu grup dengan tim yang disebut di atas. Babak drawing sendiri akan dilangsungkan pada 31 Maret 2023.

Namun sebelum dilakukannya babak drawing, FIFA disebut akan mengecek ulang infrastruktur stadion yang akan digunakan. Seluruh stadion seperti Gelora Bung Karno Jakarta, Jakabaring Palembang, Manahan Solo, I Wayan Dipta Gianyar Bali, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Si Jalak Harupat Bandung akan kembali diinspeksi oleh FIFA.

Nantinya, jika FIFA menemukan celah alias sesuatu yang tak sesuai dengan standarisasi mereka, maka FIFA berhak untuk mengurangi daftar stadion yang akan digunakan. Oleh sebab itu, selama tiga hari sejak 11 sampai 13 Maret kemarin, Ketua Umum PSSI Erick Thohir beserta wakil dan beberapa anggota Exco melakukan sidak dari satu stadion ke stadion lainnya. Mereka tengah memastikan bahwa stadion tersebut sudah layak dan sesuai dengan standar FIFA. PSSI tak ingin persiapan yang sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu itu tercoreng ketika FIFA datang nanti.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Di setiap kunjungannya ke stadion-stadion tersebut, Erick selalu memberikan catatan penting untuk penyelenggara setempat untuk mempersiapkan diri menjelang digelarnya even tersebut. Kemarin, dalam salah satu momen kunjungan itu, Erick juga menerima pertanyaan dari beberapa wartawan – yang salah satunya adalah terkait target utama Garuda muda di Piala Dunia U-20 2023.

Kata Erick, pertanyaan tersebut seharusnya dilempar kepada sang pelatih Shin Tae-yong. Namun secara pribadi, Erick berharap Marselino Ferdinan dkk bisa lolos dari fase grup. Hal itu menurut Erick cukup realistis karena persaingan di Piala Dunia U-20 ini tak main-main.

“(Target timnas U-20 Indonesia) tanya Coach Shin Tae-yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, kata Erick, untuk lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 bukanlah sesuatu yang mustahil untuk digapai. Pasalnya, di Piala Asia U-20 kemarin, skuad Garuda muda meski tak lolos dari fase grup namun berhasil mengimbangi kekuatan Timnas Uzbekistan U-20. Selain itu, mereka juga menang atas Suriah U-20 dan hanya kalah dari Timnas Irak U-20. Saat ini, dua tim tersebut yakni Irak U-20 dan Uzbekistan U-20 lolos ke babak semifinal Piala Asia U-20 sekaligus akan melaju ke putaran final Piala Dunia U-20 juga. Oleh sebab itu, Erick cukup optimis untuk melihat skuad Garuda muda lolos dari fase grup. Erick menyebut kekalahan dari Irak U-20 beberapa waktu lalu itu karena skuad Garuda muda ‘terlambat' panas.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Yang sekarang lolos AFC (Piala Asia U20) untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia. Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Suriah menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

7 Comments