Timnas Indonesia

Tancap Gas! PSSI Mulai Cari Lawan untuk FIFA Matchday September 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI sudah mulai tancap gas untuk mencarikan lawan di FIFA Matchday bulan September mendatang.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2023 ini, skuad Garuda di berbagai kelompok umur memiliki agenda yang cukup padat. Agenda tersebut dimulai dari tampilnya skuad Timnas Indonesia U-20 dalam ajang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan Maret kemarin. Tidak berselang lama, tim senior yakni Marc Klok dkk juga bermain dalam ajang FIFA Matchday di bulan yang sama. Saat itu, skuad Garuda berhadapan dengan Timnas Burundi sebanyak dua kali. Melawan tim asal Afrika tersebut, anak asuh Shin Tae-yong mencatatkan satu kemenangan (3-1) dan di laga lainnya berakhir imbang (2-2).

Pasca FIFA Matchday Maret 2023, giliran skuad Timnas Indonesia U-22 yang tampil di bulan April hingga Juni. Saat itu, skuad asuhan Indra Sjafri bermain pada ajang SEA Games 2023. Di even tersebut, Marselino Ferdinan dkk sukses meraih medali emas.

Adapun pada bulan Juni depan, giliran Shin Tae-yong yang kembali disibukkan bersama Timnas Indonesia senior. Sebab pada bulan tersebut, skuad Garuda akan bermain dalam ajang FIFA Matchday. Dalam jadwal yang sudah dipublikasikan PSSI, Rizky Ridho dkk akan berhadapan dengan dua tim berbeda. Pertama yaitu melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya – dan di laga keduanya jumpa dengan Lionel Messi dkk di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Baca Juga:  Kabar Buruk! Rizky Ridho Dipastikan Absen di Laga Melawan Guinea U23

Menariknya, meskipun laga tersebut belum digelar, PSSI melalui sang Ketua Umum Erick Thohir sudah mulai tancap gas untuk mencarikan calon lawan bagi Timnas Indonesia di bulan September mendatang. Diketahui, pada bulan tersebut, Timnas Indonesia senior akan kembali memainkan laga FIFA Matchday. FIFA Matchday pada bulan tersebut akan dilaksanakan pada 4-12 September. Dan di tanggal tersebut pula, ada agenda untuk Timnas kelompok umur lainnya yaitu U-23. Pada 6-12 September, skuad Timnas Indonesia U-23 akan menjadi tuan rumah untuk ajang Kualifikasi 2024.

Oleh sebab itu, kesempatan tersebut akan kembali diambil PSSI untuk mencarikan lawan bagi Jordi Amat dkk.

“Kami juga lagi melihat window di September itu, kan 6-12 ada pertandingan Timnas U-23 sebagai tuan rumah. Tetapi sepi slotnya, itu bisa diambil lagi buat FIFA Matchday untuk timnas,” kata Erick Thohir.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Kami lagi mencari lawan, jadi kami mendorong tadi, agresivitas Timnas Indonesia,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Terkait laga melawan Timnas Palestina dan Argentina di bulan Juni mendatang, Erick kembali menyinggungnya. Erick juga mengungkapkan alasannya mendatangkan dua tim asal timur tengah dan Amerika Latin itu.

“Kami akan mempersiapkan sebaik-baiknya pertandingan FIFA Matchday. Palestina bukan tim yang tidak bagus, peringkatnya di atas Indonesia,” terang Erick lagi.

“Jadi kalau kita bertanding dengan Palestina dan hasilnya tidak bagus, Indonesia akan turun lagi rankingnya. Sama Argentina pun ada target. Tetapi kami harus memberikan tim yang terbaik.”

“Karena kenapa? Ini bagian kami membangun mental timnas. Kami rencanakan dari 8 FIFA Matchday setiap tahun, nanti selain 7 edisi yang mencari ranking, 1 edisi untuk menaikkan mentalnya, seperti melawan Argentina,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

3 Comments