Timnas Indonesia

PSSI Jalin Kerjasama dengan KNVB & 2 Klub Belanda, Bahas Kemungkinan Ujicoba Timnas U-20 Vs Skuad Muda De Oranje



NOBARTV NEWS – Diam-diam, PSSI ternyata telah menjalin kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Belanda KNVB dan juga dengan dua klub papan atas Belanda Ajax Amsterdam serta Feyenoord. Dalam salah poin kerjasama tersebut, PSSI dan KNVB berupaya untuk mempertemukan tim muda De Oranje dengan Garuda muda dalam sebuah laga uji coba.

Dalam kunjungan kerja sama tersebut, PSSI diwakili oleh tiga orang yaitu Direktur Teknik Indra Sjafri, asisten pelatih Jong-jin Kim, dan Hamdan Hamedan selaku Exco PSSI.

Kunjungan tersebut bermula ketika ke-tiganya diminta untuk mencari beberapa pemain keturunan di Eropa guna memberikan tawaran kepada mereka agar bisa membela di 2023. Namun, di samping melalukan penjajakan kepada para pemain keturunan tersebut, ternyata utusan PSSI itu juga melakukan kunjungan ke markas KNVB untuk melakukan kerjasama.

Di markas KNVB, ketiga utusan tersebut disambut langsung oleh Van der Sar selaku Manajer Hubungan Internasional. Selain eks legenda Manchester United itu, beberapa pejabat tinggi KNVB juga turut menyambut kedatangan Indra Sjafri dan kolega.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Indra Sjafri mengungkapkan beberapa poin yang menjadi pembahasan ketika dua federasi sepakbola tertinggi itu bertemu.

“Klub berperan kunci, lewat scouting network, dalam mencari pemain di Belanda dengan mengerahkan banyak scout ke berbagai pertandingan usia muda. Tak kalah penting, sertifikasi pelatih berperan dalam menjamin kualitas pelatih dan memaksimalkan potensi pemain muda yang dilatih,” papar Indra Sjafri.

Selain bekerjasama dengan KNVB, PSSI juga memfokuskan kerjasama dengan dua klub tadi agar pemain muda Indonesia mendapatkan kesempatan untuk melakukan trial di sana. Ajax juga diminta untuk memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia atau jamaknya kita kenal dengan nama ‘kurikulum sepak bola Indonesia.'

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana,” tutupnya Indra.

Terkait peluang naturalisasi pemain muda tersebut, PSSI memang tengah bergerak cepat agar para pemain keturunan bersedia untuk membela Timnas Indonesia. Sebab sebagaimana diketahui, tahun depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk event Piala Dunia U-20 2023.

Sebagai tuan rumah, Indonesia tidak ingin kecolongan – atau bahkan menjadi bulan-bulanan dari lawan-lawannya. Dengan demikian, Shin Tae-yong yang kemudian diteruskan PSSI telah membuat penawaran kepada tujuh pemain keturunan agar mau membela Timnas Indonesia. Namun sayang, sampai saat ini baru beberapa pemain yang menyatakan siap dinaturalisasi. Salah duanya adalah Ivan Jenner, gelandang muda milik FC Utrecht kelahiran 10 Januari 2004 dan Justin Hubner, bek tim muda Wolverhampton Wanderers U-21.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid