Timnas Indonesia

Erick Thohir Pastikan Timnas U-17 TC di Jerman



NOBARTV NEWS – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan TC U-17 akan dilakukan di Jerman.

Sebagaimana diketahui, saat ini, PSSI tengah melakukan seleksi terbuka kepada para pemain muda yang ingin masuk ke skuad Timnas Indonesia U-17. Seleksi tersebut dilakukan di berbagai kota se-Indonesia.

Sampai hari ini, seleksi itu sudah dilakukan di tiga kota berbeda. Pertama, pada Rabu 12 Juli kemarin, PSSI menggelar seleksi tersebut di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Berselang beberapa hari, seleksi kembali dilanjutkan di Stadion Jakabaring Palembang. Dan selama dua hari berturut-turut pada tanggal 15-16 Juli 2023, seleksi lokasi ketiga dilanjutkan di Bali.

Usai Bali, beberapa kota lainnya akan menyusul seperti Tangerang (16 Juli), Samarinda, Jakarta, Banjarmasin, Surakarta, Medan, Surabaya, Manado, dan terakhir di Makasar.

Menariknya, meskipun PSSI dan staf kepelatihan Timnas U-17 tengah melakukan seleksi, tapi satu minggu yang lalu mereka juga telah mengumumkan daftar 34 pemain yang diminta untuk mengikuti TC. Jadi, selain telah memperoleh 34 nama pemain potensial, PSSI masih terus mencari pemain lainnya lewat jalur seleksi tersebut.

Baca Juga:  Begini Pengakuan Shin Tae-yong usai Dipermalukan Irak 2-1

Dengan demikian, ke-34 nama awal yang diminta untuk mengikuti TC itu belumlah sepenuhnya aman karena mereka rawan tersingkir dari proses demi proses yang sedang dijalankan PSSI. Nantinya, ke-34 pemain awal akan diseleksi kemampuan serta bakat yang dimilikinya. Jika ada yang kurang maksimal, maka PSSI akan langsung memulangkan mereka. Pemulangan tersebut disertai dengan penambahan pemain lainnya yang kemungkinan akan berasal dari hasil seleksi di beberapa kota itu.

Setelah terpilihnya pemain terbaik dari hasil TC awal maupun hasil seleksi, maka PSSI akan memberangkatkan mereka untuk mengikuti pemusatan latihan di Eropa. Awalnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir ingin para pemain melakukan TC di Qatar. Akan tetapi, suhu di Qatar amatlah panas sehingga dipilihlah salah satu negara Eropa yakni Jerman sebagai lokasi TC.

“Rencana yang di 12 kota ini kami akan bergabung di Agustus TC-nya (di Jakarta). Diseleksi ulang lagi untuk baru kami kirim ke Jerman, ya,” kata Erick Thohir di tengah-tengah seleksi pemain Timnas U-17 di Bali Minggu (16/07) kemarin.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

“Kami tidak jadi ke Qatar, ya. Sebab, alasannya di Jerman itu perlu hampir satu setengah bulan 2 bulan. Dihitung-hitung di Qatar terlalu panas, Jadi, Indonesia dan Jerman. Dan nanti dari Jerman pun kami pulang 10 hari supaya adaptasi itu,” ucapnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment