Timnas Indonesia

Begini Komentar PSSI Setelah Elkan Baggott Pilih Gillingham daripada Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI angkat bicara dengan komentar pelatih Gillingham FC Neil Harris beberapa waktu lalu. Kemarin, Neil mengatakan bahwa bek Elkan Baggott lebih memilih bertahan di klub daripada membela Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Baggott sebelumnya disebut bakal pulang ke Indonesia dalam waktu dekat. Hanya saja, bek jangkung tersebut akan pulang jika Timnas Indonesia lolos ke semifinal 2022. Dengan demikian, bek pinjaman dari Ipswich Town itu akan melewatkan seluruh laga fase grup melawan Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Namun tiba-tiba, keterangan tersebut berubah. Lolos ke putaran ketiga membuat Gillingham memiliki jadwal tambahan. Selain itu, tim berjuluk The Gills itu juga tengah dalam performa buruk di ajang League Two. Maka mau tak mau, mereka harus menahan Baggott agar tetap berada di sana.

Sebab sebagaimana diketahui, Baggott merupakan pemain yang sangat diandalkan. Ia dibutuhkan oleh Neil Harris untuk mengangkat posisi Gillingham yang saat ini berada di dasar klasemen.

Setelah melakukan negosiasi dengan klub utama (Ipswich Town) dan klub yang meminjaminya (Gillingham FC), Elkan Baggott pun memutuskan untuk tetap berada di sana. Dan kepastian itu diutarakan oleh Neil Harris beberapa hari lalu. Maka daripada itu, meski Timnas Indonesia lolos ke semifinal bahkan final (Piala AFF 2022), Baggott tidak akan bergabung.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Lobi-lobian yang dilakukan STY ke Inggris beberapa waktu lalu pun pada akhirnya tidak membuahkan hasil.

Terkait hal ini (Baggott batal bela Timnas Indonesia), PSSI pun angkat suara. Melalui Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Federasi Sepak Bola Tertinggi di Indonesia ini tampak memakluminya.

“Iya karena kan teman-teman sendiri juga kan tahu bahwa Piala AFF ini tidak termasuk dalam kalendar FIFA yang mewajibkan para pemain-pemain diberikan. Tetapi untuk klub yang ada di dalam negeri ya kami berharap itu tidak menjadi alasan. Tetapi kalau untuk pemain-pemain yang bermain di luar memang kemarin saking kita inginnya mereka bergabung semua, coach STY datang ke Inggris menemui Elkan Baggott,” kata Indra Sjafri.

“Coach Shin Tae-yong menyampakan mungkin tidak perlu semua pertandingan Elkan Baggott bisa bermain, tetapi ada pertandingan-pertadingan yang mungkin dia bisa bermain, tapi sampai detik ini belum ada jawaban yang secara pasti yang diberikan oleh klub Elkan kapan dia bisa dilepas,” tutupnya.

Baca Juga:  Resmi: PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Dan untuk diketahui, dalam masa perhelatan Piala AFF 2022 ini digelar, Elkan Baggott cs memiliki jadwal yang super padat.

Pada Rabu 21 Desember atau dua hari sebelum laga perdana Timnas Indonesia vs Kamboja, Elkan Baggott dkk akan melawan Wolverhampton Wanderers dalam babak 16 besar .

Setelah itu, di sisa tahun ini (2022), The Gills akan berjumpa Colhester dan Sutton United di ajang League Two.

Berlanjut pada tahun depan hingga Piala AFF 2022 selesai digelar, anak asuh Neil Harris itu juga memiliki jadwal padat lainnya. Tanggal 2 Januari jumpa Stevenage, lalu 7 Januari bertemu Leicester City, dan pada tanggal 14 melawan Hartlepool.

Jika Indonesia lolos ke babak final Piala AFF 2022, maka leg kedua babak final tersebut akan berakhir pada 16 Januari 2023. Dengan demikian, berbenturannya jadwal ini membuat Baggott hampir pasti tak ‘mudik' hingga Piala AFF 2022 selesai.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

30 Comments