Timnas Indonesia

Disebut Bakal Susul Ivan Jenner & Justin Hubner, Berikut Profil Van der Heijden, Pernah Main di Timnas Belanda U-18!



NOBARTV NEWS – Dua calon pemain U-20 Justin Hubner dan Ivan Jenner telah menyelesaikan beberapa tahap awal proses naturalisasi. Di antaranya adalah tes fisik dan wawancara dengan Badan Intelejen Negara. Kini, satu nama lagi diprediksi akan menyusul keduanya. Adalah Délano van der Heijden, eks pemain Timnas Belanda U-18 yang saat ini bermain untuk tim muda Feyenoord.

Untuk diketahui, Justin Hubner dan Ivan Jenner merupakan dua nama awal yang sudah di-acc (disepakati) oleh Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu tinggal memilih dua nama lagi untuk disetujui olehnya agar mendapatkan kesempatan untuk dinaturalisasi.

Direncanakan, untuk berlaga di 2023 nanti, Shin membutuhkan empat pemain keturunan. Namun sampai saat ini baru dua nama yang sudah berada di Indonesia dan mengikuti serangkaian serta tahapan yang sudah direncanakan oleh PSSI.

Meski tinggal menyisakan dua nama lagi, namun tersiar kabar bahwa salah satu yang akan menyusul keduanya adalah Délano van der Heijden. Délano adalah pemain muda yang sebelumnya pernah memperkuat Timnas Belanda U-18.

Lalu bagaimana dengan profil sang pemain sendiri?

Délano memiliki nama lengkap Délano Diego van der Heijden. Ia lahir pada 29 September 2004. Saat ini, usianya masih sangat terbilang muda yakni 18 tahun.

Meski masih muda, Délano mendapatkan kesempatan untuk bermain di tim muda Feyenoord U-21. Namun terkadang ia juga bermain di tim Feyenoord U-18.

Pemain yang memulai karirnya di akademi Feyenoord sejak usia 6 tahun ini cukup moncer di dalam lapangan. Di ajang O18 Div. 1 Fall 22/23, Délano mampu mencetak 7 gol dan 3 assist hanya dari 6 pertandingan saja. Ia juga selalu dipercaya sebagai starter dalam enam pertandingan tersebut. Hari ini, timnya Feyenoord U-18 dijadwalkan akan berhadapan dengan AZ Alkmaar U-18. Besar kemungkinan dirinya akan kembali masuk dalam skuad.

Bisa dibilang, Délano selalu mendapatkan jam terbang tinggi di setiap tim yang dibelanya.

Adapun di tim Feyenoord U-21, Délano hanya tampil sebanyak satu kali dalam ajang O21 Div. 1 Fall 22/23. Meski demikian, hal ini membuktikan bahwa pemain berdarah Maluku ini memiliki peluang lebih cepat untuk promosi ke level senior. Sebab di usia yang baru menginjak 18 tahun, ia sudah mendapatkan panggilan untuk tim usia 21 tahun.

Di level tim nasional, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini baru mencatatkan masing-masing satu caps untuk Timnas Belanda U-18 dan U-16.

Jika benar Délano adalah salah satu pemain yang akan menyusul Justin Hubner dan Ivan Jenner, maka hal ini akan menjadi berita bahagia sekaligus keuntungan besar bagi Timnas Indonesia.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments