BRI Liga 1

10 Liga Asia dengan Rataan Penonton Terbanyak, BRI Liga 1 di Peringkat 1 ASEAN!



NOBARTV NEWS – Meski tengah ditunda buntut Tragedi Kanjuruhan, namun ternyata ajang paling bergengsi di Indonesia ini menjadi salah satu kompetisi dengan rataan penduduk terbanyak di Liga Asia. Bahkan, untuk wilayah Asia Tenggara, BRI Liga 1 menjadi pertandingan yang paling banyak ditonton melewati Liga Vietnam dan Liga Malaysia.

Baru-baru ini, media asal Thailand Main Stand memuat daftar 10 Liga di benua Asia dengan jumlah rataan penonton terbanyak. Dalam daftar 10 liga tersebut, empat di antaranya merupakan liga asal Asia Tenggara.

Berbagai faktor bisa menjadi alasan utama mengapa penonton rela datang ke stadion hanya demi menonton tim kebanggaannya. Salah satunya adalah adanya pemain bintang yang turut menyemarakkan liga. Sama halnya ketika Liga Indonesia beberapa waktu lalu banyak mendatangkan pemain kelas dunia seperti Michael Essien, Peter Odemwingie, hingga Julien Faubert.

Kedatangan para pemain bintang tersebut terbukti sukses mendatangkan para penonton untuk datang ke stadion.

Berikut daftar liga beserta rataan penonton terbanyak di benua Asia:

1. Indian Super League

Indian Super League menjadi liga dengan jumlah rataan penonton terbanyak di Asia. Kehadiran beberapa pemain bintang seperti Florentin Pogba menjadi salah satu alasan utama penonton datang ke stadion lebih banyak dari biasanya.

Baca Juga:  Prediksi Barito vs Persija Minggu 21 April 2024, Pekan ke-32 Liga 1 Indonesia

Jumlah rataan penonton di Indian Super League mencapai 17.177 orang.

2. J1 League

Penonton kasta tertinggi memiliki jumlah rataan penonton terbanyak kedua di Asia. Jumlah penonton di kompetisi tertinggi Jepang ini mencapai 14.109 orang.

3. Persian Gulf Pro League

Liga Iran atau dikenal dengan nama Persian Gulf Pro League memiliki jumlah rata-rata penonton 11.393 orang.

4. A-League Men

Negara Asia rasa Eropa yakni Liga Australia menempati peringkat keempat dengan jumlah rata-rata penonton terbanyak di Asia. Jumlah tersebut mencapai 10.193 orang.

5. BRI Liga 1

BRI Liga 1 Indonesia menjadi jumlah penonton terbanyak di Liga Asia Tenggara atau terbanyak kelima di Asia. Jumlah hadirin yang hadir di laga BRI Liga 1 rata-rata 10.120 orang.

6. Saudi Pro League

Liga asal Timur Tengah ini menempati posisi keenam namun yang paling tinggi di wilayah Arab sebagai liga dengan jumlah rata-rata penonton terbanyak. Jumlah penonton yang kerap hadir di Saudi Pro League mencapai 8.051 orang.

Baca Juga:  Prediksi Persis vs Persikabo Senin 22 April 2024, Pekan ke-32 Liga 1 Indonesia

7. V.League 1

Liga Vietnam menjadi yang kedua di Asia Tenggara di bawah Indonesia. Liga ini rata-rata ditonton oleh 6.444 orang.

8. Liga Super Malaysia

berada di urutan kedelapan dengan jumlah rata-rata penonton mencapai angka 4.722 orang.

9. Thai League

memiliki rata-rata penonton sebanyak 4.604. Meski berada di peringkat kesembilan benua Asia, namun Thailand mengungguli Selatan dan Qatar.

10. K League 1

Liga Korea Selatan menempati peringkat kesepuluh dengan jumlah rata-rata penonton sebanyak 4.555 orang.

Dari daftar di atas, sudah jelas meski liga Asia Tenggara tidak jauh lebih baik dari liga asal timur tengah atau Asia Timur, namun dari segi penonton, liga asal Asia Tenggara jauh lebih unggul. Itulah mengapa di wilayah Asia Tenggara ini kerap diselenggarakan turnamen antar tim senior hingga junior. Sebut saja seperti antar kelompok umur hingga SEA Games.

Sudah bisa dijamin, penonton yang hadir di turnamen ini, meski bersekala kecil namun akan dihadiri oleh banyak orang. Jumlah kehadiran tersebut tidak jauh berbeda dengan kompetisi domestik di negaranya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

10 Comments