Intermezzo

Hari Ini, Komisi X DPR RI Rapat dengan PSSI Bahas Batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia



NOBARTV NEWS – Dibatalkannya pelaksanaan di Indonesia akan dibahas di gedung parlemen yaitu DPR RI. Rencananya, rapat terkait pembatalan itu akan dibahas pada hari ini, Selasa 5 April 2023.

Seperti yang diketahui, Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Tepat satu minggu yang lalu, pada Rabu malam kemarin, FIFA lewat laman resminya mengumumkan kabar penting terkait nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Federasi Sepak Bola Dunia itu mencabut keikutsertaan Indonesia sebagai tuan rumah setelah dilakukannya pertemuan antara Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan FIFA. Setelah pertemuan tersebut berakhir, FIFA mengumumkan pembatalan tersebut.

Padahal, untuk diketahui, kedatangan Erick ke Doha Qatar dan bertemu dengan pimpinan FIFA adalah guna melobi mereka agar Indonesia tetap dijadikan venue untuk even tersebut. Sayang, perintah dari Jokowi kepada Erick tersebut tak berjalan mulus. Persiapan yang sudah berjalan 98 persen itu pupus seketika. Dibatalkannya even tersebut membuat skuad Garuda muda dipastikan tak ikut serta karena satu-satunya peluang untuk tampil sebagai tuan rumah sudah dicabut.

Atas pembatalan itu, kini, skuad Garuda muda sudah dibubarkan. Pembubaran langsung dilakukan oleh Shin Tae-yong pada Sabtu 1 April kemarin. Namun kabar baiknya, tujuh pemain di antaranya mendapatkan kesempatan untuk turun di ajang SEA Games 2023 bersama skuad Timnas U-22 pimpinan Indra Sjafri.

Jadi, tujuh nama tersebut akan mengikuti TC bersama Timnas U-22 untuk bersaing bersama pemain yang lebih senior dibandingkan mereka.

Kabar terbaru menyebutkan pada hari ini, Komisi X DPR RI bersama PSSI akan melakukan rapat terkait dibatalkannya status tuan rumah (Piala Dunia U-20) tersebut. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menerangkan bahwa pertemuan (rapat) itu guna membahas langkah apa yang akan diambil oleh PSSI agar sepak bola Indonesia tidak dikenai sanksi berat dari FIFA.

“Kita ingin dapat update terakhir dari Ketua Umum PSSI, apa yang kemarin sedang terjadi di Doha, capaian seperti apa, termasuk bagaimana langkah PSSI untuk mengantisipasi bayang-bayang sanksi FIFA,” kata Syaiful Huda.

Menurut Syaiful, PSSI pasti dikenai sanksi. Namun ia belum tahu pasti apakah sanksi tersebut ringan, sedang, atau berat.

“Yang feeling saya pasti kena (sanksi), tapi tinggal ringan, berat atau sedang. Itu yang sedang kita ingin dapatkan update dari Pak Erick Thohir,” ujarnya menambahkan.

“Termasuk apa sih isi surat itu. Sifat balasan dari FIFA itu apa sih. Siapa tau mau buka forum rapat di Komisi X,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments