Intermezzo

Bertemu Presiden FIFA, Erick Thohir Pastikan Tak Ada Pembicaraan Terkait Piala Dunia U-17

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Erick Thohir mengaku tak sekalipun pernah membahas terkait peluang Indonesia menjadi tuan rumah 2023 ketika mengunjungi markas FIFA kemarin.

Diketahui, Erick Thohir beberapa waktu lalu mengunjungi markas besar FIFA. Kedatangan Erick tersebut untuk membahas sanksi yang kemungkinan akan diberikan FIFA kepada PSSI usai batal menjadi tuan rumah untuk ajang 2023. Alhasil, dari hasil diskusi antara Erick dan FIFA, pada Kamis (06/04) kemarin, Federasi Sepak Bola Dunia itu memutuskan untuk memberikan sanksi ringan kepada Indonesia. Sanksi tersebut adalah dibekukannya dana FIFA Forward 3.0 kepada PSSI.

Dengan demikian, PSSI tidak akan mendapatkan kucuran dana dari FIFA untuk operasional mereka sehari-hari. Selain itu, dana tersebut seyogianya digunakan untuk melaksanakan program-program yang diberikan FIFA. Namun karena dibekukan, entah langkah apa yang akan diambil PSSI untuk selanjutnya.

Meski kedatangan Erick (ke markas FIFA) saat itu sudah jelas untuk melakukan negosiasi agar Indonesia tak mendapatkan hukuman berat dari FIFA, namun tak sedikit pula yang menyebut Erick juga sedang menawarkan Indonesia untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sebab sebagaimana diketahui, Peru yang sebetulnya ditunjuk sebagai tuan rumah gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Peru dianggap tidak memenuhi persyaratan menjadi tuan rumah dari segi infrastuktur. Oleh sebab itu, FIFA membatalkan status negara asal Amerika Latin itu.

Nah, berhubung Indonesia jauh lebih siap dari segi insfratruktur karena sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, maka tak ada salahnya jika PSSI menawarkan diri untuk menggantikan posisi Peru tersebut. Rumor untuk menggantikan Peru juga pernah diungkapkan oleh salah satu pengamat sepak bola Indonesia Akmal Marhali. Meski demikian, Exco PSSI Arya Sinulingga sempat membantahnya.

Dan ternyata, tak hanya Arya selaku exco saja, tapi Erick, sekembalinya dari markas FIFA kemarin, juga memastikan kalau tak ada pembicaraan terkait peluang (jadi tuan rumah Piala Dunia U-17) tersebut. Hal itu disampaikan Erick ketika ditemui oleh salah satu awak media bola.com.

“Dalam perbincangan kemarin tidak ada sedikitpun pembahasan soal Piala Dunia U-17 2023,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, kata Erick lagi, meski desas-desus pengganti Indonesia untuk Piala Dunia U-20 sudah mengerucut ke Argentina, namun FIFA belum mengumumkannya secara resmi. Oleh sebab itu, terkait rumor Indonesia menggantikan Peru, Erick hanya menjawab santai.

“Yang tuan rumah pengganti Piala Dunia U-20 2023 juga belum dikasih tahu, dan sampai hari ini kan memang belum ada keputusan,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

11 Comments