BRI Liga 1

Thomas Doll Heran Persija Tak Bisa Keluarkan Kekuatan Terbaiknya di Setiap Laga Tandang



NOBARTV NEWS – Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll mengungkapkan rasa heran dengan klub yang ditanganinya. Pasalnya, tim yang dibesutnya itu selalu kesulitan ketika bermain sebagai tim tamu.

Sebagaimana diketahui, pada laga ke-29 Persija Jakarta kemarin, Ondrej Kudela dkk dikalahkan oleh tim asal Kalimantan Borneo FC. Laga tersebut dilangsungkan di kandang Borneo FC Stadion Segiri, Samarinda. Di laga itu, anak asuh Thomas Doll dipermalukan dengan skor akhir 3-1.

Sempat menyamakan kedudukan lewat Osvaldo Haay pada menit ke-78 setelah tertinggal sebab gol cepat M. Sihran, Macan Kemayoran malah kehilangan momentum di 10 menit terakhir babak kedua. Stefano Lilipaly dan Mattheus Pato masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan tuan rumah 3-1 atas sang tamu.

Kekalahan tersebut membuat Persija bertengger di posisi ketiga klasemen sementara Liga 1. Rico Siamanjuntak dkk baru mencatatkan 15 kemenangan, 6 imbang, serta 6 kali menelan kekalahan dari 29 pertandingan yang sudah dilakoninya. Kini, Macan Kemayoran baru meraih 51 poin dari hasil tersebut.

Jumlah torehan poin yang didapatkan anak asuh Thomas Doll itu semakin jauh dari pemuncak klasemen sementara PSM Makassar. PSM saat ini sukses meraih 65 poin. Tim berjuluk Juku Eja itu menjadi tim dengan catatan kekalahan paling sedikit yakni 2 kali. Gawang mereka juga menjadi yang paling sedikit kebobolan hanya 22 kali saja.

Terlepas dari siapa pemimpin klasemen saat ini, ada satu hal yang membuat Thomas Doll terheran-heran. Ia mengaku heran dengan timnya sendiri setiap kali memainkan laga tandang. Sebab Andritany Ardhiyasa dkk tidak bisa menunjukkan permainan terbaiknya setiap kali melakukan lawatan ke markas lawan.

“Saya tidak paham apakah ini karena mental pemain kami kurang baik atau tidak. Karena setiap bermain laga tandang, kami tidak bisa memainkan sepak bola kami seperti biasanya,” ujar Thomas Doll pasca pertandingan melawan Borneo FC beberapa waktu lalu.

“Sangat disayangkan kami sudah jauh-jauh datang ke sini tapi kembali dengan tangan kosong. Satu poin pun kami tidak bisa meraihnya. Dan kami harus bekerja keras lebih baik lagi untuk di sisa laga,” ujarnya memungkasi.

Berkaca dari apa yang dikatakan Thomas Doll tersebut, menarik untuk melihat rekam jejak pertandingan Persija di beberapa laga tandang terakhirnya.

Dalam lima pertandingan terakhir Persija di markas lawan, skuad asuhan Thomas Doll tak pernah mencatatkan kemenangan. Kali terakhir mereka meraih kemenangan adalah ketika bermain di markas PSS Sleman. Itupun PSS Sleman sedang dalam masa-masa suram karena selalu menelan kekalahan.

Lima laga kandang terakhir Persija adalah melawan Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api (kalah 1-0), lalu bertemu Persis Solo di Stadion Maguwoharjo (kalah 1-0). Di laga melawan Bhayangkara FC di stadion Wibawa Mukti, tim asal ibukota kembali ditumbangkan sang lawan (kalah 2-1).

Sementara itu, dalam lawatannya ke markas Madura United di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Persija ditahan imbang Laskar Sape Kerrab (0-0). Dan terbaru yakni kalah dari Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda (kalah 3-1).

Berikutnya, esok, 12 Maret 2023, armada Thomas Doll akan melawat ke kandang Persik Kediri di Stadion Brawijaya. Mampukah Hansamu Yama Pranata dkk memutus rentetan buruk di kandang lawan itu?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments