Timnas Indonesia

Menpora Akui JIS sebagai Salah Satu Venue Piala Dunia U-17 2023



NOBARTV NEWS – Menpora RI Dito Ariotedjo menyebut JIS menjadi salah satu stadion yang dipersiapkan sebagai venue 2023.

Seperti yang diketahui, di waktu dekat ini, U-17 akan turun dalam ajang Piala Dunia U-17 2023. Tanpa perlu mengikuti kualifikasi terlebih dahulu, anak asuh Bima Sakti tersebut dipastikan menginjakkan kakinya di ajang itu. Hal ini dikarenakan di Piala Dunia U-17 nanti, skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) akan bertindak sebagai tuan rumah.

Ya, sebagaimana yang diputuskan oleh FIFA beberapa waktu lalu, Federasi Sepakbola Dunia itu memastikan Indonesia bakal bertindak sebagai tuan rumah untuk even sepakbola internasional itu. Keputusan tersebut diambil FIFA setelah tuan rumah yang sebelumnya dipersiapkan yakni Peru gagal mempersiapkan diri dengan cukup.

Pada awalnya, negara asal Amerika Latin itu diproyeksikan sebagai tuan rumah sejak tahun-tahun lalu. Namun karena beberapa masalah seperti krisis ekonomi dan bencana alam yang melanda mereka, maka Pemerintah Peru memilih untuk memulihkan kondisi ekonomi serta pemulihan bencana alih-alih fokus untuk bertindak sebagai tuan rumah. Alhasil, Peru pun dinyatakan batal sebagai tuan rumah dan FIFA menunjuk Indonesia.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Indonesia sendiri dianggap sebagai negara yang paling siap untuk menggelar even tersebut. Hal itu karena sebelumnya, Indonesia merupakan negara yang juga dipersiapkan sebagai venue 2023. Akan tetapi, sama seperti Peru untuk Piala Dunia U-17 ini, Indonesia juga dinyatakan batal sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Padahal, persiapan yang sudah dilakukan Pemerintah RI dan PSSI sudah sangat maksimal mungkin.

Sayang, FIFA membatalkan status Indonesia kendati persiapan yang dilakukan sudah hampir 100 persen tuntas.

Meskipun demikian, Indonesia patut untuk bersyukur. Persiapan yang dilakukannya tidak berakhir sia-sia. Sebab FIFA memilihnya untuk menjadi tuan rumah untuk ajang Piala Dunia U-17 2023. Untuk persiapan Piala Dunia U-20 kemarin, PSSI menyiapkan enam stadion sebagai venue untuk melangsungkan pertandingan.

Namun untuk venue Piala Dunia U-17, PSSI belum bisa memastikan apakah ke-enam stadion tersebut akan kembali diproyeksikan untuk jadi stadion yang digunakan. Tapi yang jelas, beberapa waktu lalu, Menpora RI Dito Ariotedjo mengungkapkan kalau Jakarta Internasional Stadium (JIS) menjadi salah satu venue yang kemungkinan akan dipakai.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

“Pasti kami sekarang menyiapkan seluruh stadion yang berpotensi menjadi venue. Stadion JIS menjadi opsi, namun masih ada beberapa catatan. Akan tetapi memenuhi standar juga,” kata Dito Ariotedjo.

“Pastinya perhelatan Piala Dunia U-17 adalah kesempatan yang baik untuk para pemain muda kita,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment