Timnas Indonesia

Bosan Jadi Runner-up, Alumni Piala AFF 2018 Stefano Lilipaly Yakin Garuda Indonesia Juara di Tahun Ini!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS 2022 tinggal beberapa hari lagi. Persiapan demi persiapan sudah dilakukan oleh beberapa tim. Salah satu eks pemain yang sempat membela skuad Garuda di Piala AFF 2018 ikut memberikan komentarnya. Di Piala AFF 2022, ia optimistis Indonesia mampu merengkuh gelar pertamanya.

Sepanjang sejarah Piala AFF digelar, Timnas Indonesia tak pernah sekalipun merengkuh juara. Timnas Indonesia bahkan dijuluki sebagai “Mr. Runner-up.” Julukan tersebut memang sedikit menyebalkan, namun begitulah keadaan yang sebenarnya.

Negara dengan penikmat sepak bola dan terfanatik di Asia Tenggara ini pada kenyataannya hanya mampu meraih prestasi terbaiknya sebagai runner-up saja. Jika ingin mengambil contoh tak usah jauh-jauh. Di Piala AFF 2020 atau edisi sebelumnya, Timnas Indonesia mengejutkan banyak orang karena berhasil mencapai babak final dengan materi pemain mudanya. Namun di partai puncak, Timnas Indonesia tak berdaya dihajar sang lawan. Lewat pertandingan dua leg, Garuda Indonesia tumbang dari Timnas Thailand dengan agregat gol 6-2.

Baca Juga:  Begini Penjelasan PSSI soal Kepergian Nathan Tjoe-A-On dari Timnas U23

Di tahun ini, target yang ingin diraih tetap sama yakni keluar sebagai juara untuk pertama kalinya. Belajar dari kesalahan edisi sebelumnya, Shin Tae-yong siap merengkuh gelar pertamanya untuk Timnas Indonesia. Ya, semenjak menjabat sebagai arsitek Timnas Indonesia pada awal 2020 lalu, STY belum mampu memberikan gelar bergengsi untuk Timnas Indonesia.

Keoptimisan untuk merengkuh gelar juara Piala AFF tahun ini juga diamini oleh Stefano Lilipaly. Lilipaly saat ini bermain untuk Borneo FC. Ia merupakan eks pemain Timnas Indonesia dan juga pernah bermain di Piala AFF 2018. Sayang, di tahun itu, Lilipaly tak mampu membawa Garuda Indonesia keluar sebagai juara.

“Saya selalu optimis, sudah beberapa kali kita runner-up, lima kali,” ujar Lilipaly di sela sesi latihan bersama timnya di Yogyakarta, kemarin.

“Ya mungkin ini bisa juara, bisa angkat piala kan. Setiap tahun kita mau juara, tapi belum pernah kan, saya berharap tahun ini bisa,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga:  Beragam Reaksi Kocak Netizen usai Indonesia Lolos ke 8 Besar Piala Asia U23 2024

Terkait apakah dirinya bakal dipercaya lagi untuk memperkuat Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly mengaku tak tahu. Bahkan, untuk ikut seleksi saja eks pemain SC Cambuur itu kurang mengetahui pasti. Hanya saja, ia tetap berharap agar di tahun ini Indonesia bisa keluar sebagai juara.

“Saya tidak tahu seleksi bagaimana, tetapi buat (timnas) Indonesia, harapan saya bisa juara,” tutupnya.

Di Piala AFF 2022 ini, Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama juara bertahan Timnas Thailand. Selain itu, ada juga Timnas Kamboja, Filipina, dan tim pendatang baru yang sejak lama absen di Piala AFF yakni Timnas Brunei Darussalam.

Sedangkan di grup B diisi oleh tim kuat Vietnam. Adapula Malaysia, Laos, Myanmar, dan Singapura.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid