Timnas Indonesia

Media Korea Selatan Terkejut STY Ingin Hengkang dari Timnas Indonesia

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Ancaman Shin Tae-yong untuk mundur dari kursi kepelatihan jika Ketum PSSI mundur mendapat sorotan dari banyak kalangan. Pesepakbola, pengamat, hingga media. Baru-baru ini, media Korea Selatan memuat berita tersebut dan cukup terkejut dengan pernyataan sang pelatih.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada 12 Oktober kemarin malam, media sosial dihebohkan dengan unggahan dari pelatih Shin Tae-yong. Shin mengaku akan minggat sebagai pelatih Timnas Indonesia jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mundur dari jabatannya. Padahal, STY tidak pernah diusik untuk meninggalkan tahta kepempimpinannya. Banyak orang, juga pengamat justru ingin Ketum PSSI itu yang mundur dari jabatannya tersebut.

Desakan publik kepada Iriawan diakibatkan karena mereka (netizen dan semua orang) merasa PSSI tak becus dan terkesan ‘cuek' dengan tragedi Kanjuruhan. Dalam tragedi tersebut, 132 jiwa melayang usai laga antara Arema FC Vs Persebaya Surabaya dalam lanjutan musim 2022/2023.

Publik merasa Iriawan adalah salah satu orang yang harus bertanggungjawab. Dan sebagai bentuk pertanggungjawaban tersebut, ia diminta angkat kaki dari PSSI.

Satu minggu lewat sejak tragedi itu, tepatnya tadi malam Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan. Ia justru mengancam akan hengkang sebagai pelatih Timnas Indonesia. Singkatnya, menurut Shin sendiri, ia dan Iriawan beserta staf pelatih Timnas Indonesia adalah sebuah tim. Bagi Shin, sebagai sebuah tim maka tidak selayaknya hanya Iriawan yang mundur. Maka ia dan lainnya juga harus angkat kaki jika pria yang biasa disapa Iwan Bule itu mundur meninggalkan PSSI.

Tak ayal, tagar #StyOut dan #StayStay pun bergema. Banyak netizen yang dibuat kecewa dengan pernyataan STY tersebut. Sebagai bentuk kekecewaannya, mereka menaikkan tagar #StyOut di platform media sosial twitter.

Netizen yang masih menyimpan harapan pada Shin pun tak kalah sedikit. Mereka juga membalas dengan menaikkan tagar #StyStay. Mereka berpendapat bahwa STY adalah orang yang sukses menaikkan derajat sepakbola Indonesia. Maka tidak elok jika STY angkat kaki meninggalkan Timnas Indonesia saat ini.

Selain netizen, banyak media Indonesia mengabarkan hal tersebut. Dan ternyata, media asal Shin Tae-yong yakni Korea Selatan juga turut memberitakannya. Dalam judul beritanya, Xsportnews menulis, “Jika Ketum PSSI mundur, saya juga akan mundur. Itu merupakan komentar mengejutkan pelatih Shin Tae-yong.”

“Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong yang mencetak berbagai pencapaian, membuat pernyataan mengejutkan. Shin Tae-yong membuka mulutnya terkait opini publik yang menuntut Ketum PSSI Mochamad Iriawan bertanggung jawab atas bencana di Stadion Kanjuruhan,” lanjut media tersebut.

Rupanya, pernyataan Shin semalam tidak hanya mengejutkan kita sebagai masyarakat Indonesia. Bahkan media asal Korea Selatan juga ikut dibuat bingung dengan pernyataan eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid