Timnas Indonesia

Baru Beberapa Hari Bertugas, Frank Wormuth Paparkan Hasil Pendampingan Timnas U-17 ke PSSI



NOBARTV NEWS – Sekitar satu minggu yang lalu, konsultan pelatih U-17 Frank Wormuth tiba di Indonesia. Kemarin, pria asal Jerman itu telah memaparkan hasil pendampingan yang dilakukannya selama satu mingguan itu kepada PSSI.

Sebagaimana diketahui, Frank merupakan eks pelatih Timnas Jerman U-20. Selain pernah menjabat dalam kepengurusan tim nasional, Frank diketahui cukup lama menjadi Ketua Instruktur Fußball-Lehrer-Ausbildung des DFB. Jabatan ini ia pegang sejak 1 Januari 2008 sampai 31 Maret 2018. Berarti, jabatan tersebut ia pegang selama 10 tahun dan bisa dibilang cukup sukses untuk melahirkan beberapa pemain berbakat Jerman.

Dengan rekam jejak yang cukup mentereng itu, PSSI berani mengontrak Frank selama empat bulan hingga berakhirnya even 2023. Ya, untuk masa kontrak yang disodorkan PSSI, Frank resmi menjabat sebagai penasehat Bima Sakti sejak sekarang hingga berakhirnya Piala Dunia U-17 2023. Frank, selain disebutkan sebagai konsultan pelatih, ia juga bisa dikatakan sebagai seorang penasehat.

Dan setibanya di Indonesia pada minggu lalu, secara kebetulan, skuad Timnas Indonesia U-17 saat itu sedang mempersiapkan diri dalam dua laga uji coba. Dua laga uji coba itu dimainkan skuad Garuda Asia (julukan Timnas Indonesia U-17) di pulau Dewata Bali – tepatnya di Stadion Ngurah Rai.

Baca Juga:  Elkan Baggott dan Dewangga Dipanggil STY untuk Hadapi Guinea U23

Tanpa pikir panjang, Frank yang saat itu berada di Jakarta langsung terbang ke Bali guna menyaksikan pertandingan uji coba tersebut. Sayangnya, dalam dua uji coba yang dilakoni skuad Garuda Asia, anak asuh Bima Sakti itu selalu menelan kekalahan.

Dalam laga pertama yang dimainkan pada Rabu 3 Agustus, Arkhan Kaka dkk dikalahkan Barcelona Juvenil dengan skor telak 0-3. Tanpa perlawanan, skuad Timnas U-17 dipermalukan di kandang mereka sendiri. Sementara itu, di laga keduanya pada Sabtu 6 Agustus, mereka lagi-lagi dikalahkan oleh tim muda asal Jepang Kashima Antlers U-18. Saat itu, Ji Da-bin dkk dikalahkan dengan skor akhir 3-2. Tiga gol yang bersarang ke gawang Timnas U-17 itu dicetak dengan skema yang sama yaitu set piece.

Dua kekalahan dalam waktu yang amat dekat tersebut menjadi sorotan banyak orang. Terlebih dari para netizen Indonesia sendiri. Banyak orang kecewa dengan hasil yang diraih skuad Timnas U-17. Bahkan, beberapa di antara (netizen) mereka mendesak agar Bima segera digantikan oleh sosok yang lebih tepat untuk memegang jabatan tersebut – mengingat Piala Dunia U-17 bukanlah even yang bisa diremehkan.

Baca Juga:  Kecuali Justin Hubner, Seluruh Pemain Timnas U-23 Terbang ke Paris untuk Hadapi Guinea U23

Sementara itu, konsultan pelatih Timnas U-17 Frank Wormuth telah menyampaikan hasil pendampingan dan pengamatan yang dilakukan selama menyaksikan dua pertandingan Timnas U-17. Hasil pendampingan itu ia sampaikan langsung kepada Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Momen tersebut diunggah langsung oleh pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

“Mendengar paparan coach Frank selama empat hari terakhir mendampingi skuad U-17. Beberapa catatan telah disampaikan dan akan terus dilakukan perbaikan,” tulis Erick Thohir lewat media sosialnya.

“Terima kasih coach Frank, coach Bima, dan coach Indra. Semangat terus untuk Timnas Indonesia yang lebih baik,” tutup Erick dalam tulisannya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid