Timnas Indonesia

Asnawi Dipastikan Absen di Laga Perdana kontra Vietnam, Kenapa?



NOBARTV.CO.ID Asnawi absen kontra Vietnam, dipastikan akan tampil tanpa kapten Asnawi Mangkualam di laga perdana kontra Vietnam. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Seperti yang diketahui, pada 21 Maret mendatang, Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjamu Vietnam dalam matchday ketiga 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Ya, di dalam grup tersebut, Indonesia, Vietnam serta Irak dan Filipina tergabung di sana. Sebelumnya, seluruh tim yang tergabung di grup F tersebut sudah memainkan masing-masing dua pertandingan.

Untuk Timnas Indonesia, Marc Anthony Klok dkk sudah melakukan laga tandang ke markas Irak pada matchday pertama. Saat itu, skuad Garuda dipermalukan dengan skor akhir 5-1. Adapun di laga keduanya, anak asuh Shin Tae-yong itu hanya mampu bermain imbang dengan Filipina di Rizal Memorial Stadium. Dengan satu hasil imbang itu, kini – skuad Garuda menempati peringkat keempat sementara grup F dengan catatan satu poin.

Adapun Timnas Vietnam, skuad asuhan Philippe Troussier itu bertengger di peringkat kedua. Tercatat, Nguyen Quang Hai dkk sudah meraih satu kemenangan. Satu kemenangan tersebut didapatkan usai mengalahkan Filipina.

Dan kini, dua tim yang belum sempat saling bertemu tersebut akan berhadapan. Adalah Indonesia dan Vietnam, dua tim asal Asia Tenggara ini akan berjumpa sebanyak dua kali masing-masing di matchday ketiga dan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F.

Asnawi Dipastikan Absen di Laga Perdana kontra Vietnam, Kenapa?
Selebrasi gol dari Asnawi Mangkualam Bahar (sumber: IG @asnawi_bhr)

Seperti yang dikemukakan di awal, pertemuan pertama akan dihelat di markas Indonesia yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 21 Maret 2024. Adapun laga kedua, giliran Vietnam yang akan menjamu Indonesia di My Dinh Internasional Stadium. Laga di markas Vietnam digelar pada Selasa 26 Maret mendatang.

Namun sayangnya, kabar buruk menimpa skuad Garuda jelang pertemuan tersebut. Kapten skuad Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar dipastikan absen di pertemuan pertama. Padahal, eks pemain Jeonnam Dragons itu adalah pahlawan bagi Timnas Indonesia ketika terakhir kali bertemu dengan Vietnam. Pertemuan tersebut tersaji di fase grup Piala Asia 2023 kemarin.

Saat itu, Timnas Indonesia berhasil mengandaskan sang lawan dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Vietnam kala itu dibuat oleh Asnawi Mangkualam Bahar. Fullback kanan Timnas Indonesia itu sukses membuat satu-satunya gol lewat titik putih. Berkat kemenangan itu pula skuad Garuda saat itu mampu lolos hingga babak 16 besar.

Absennya Asnawi sendiri di laga melawan Vietnam kali ini karena faktor akumulasi kartu. Di laga melawan Irak dan Filipina, Asnawi selalu mendapat kartu kuning. Akibatnya, pemain anyar Port FC itu pun harus absen di satu pertandingan berikutnya yaitu melawan Vietnam.

“Kemarin saya rapat dengan coach Shin Tae Yong untuk persiapan pertandingan Vietnam di tanggal 21 dan 26 Maret. Coach Shin memaparkan memang ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain seperti Shayne Pattynama, lalu juga Asnawi masih akumulasi kartu,” jelas Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *