Timnas Indonesia

Boyong 20 Pemain ke SEA Games 2023, Indra Sjafri: Semua Punya Kesempatan yang Sama!

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Pelatih U-22 Indra Sjafri menyebut seluruh pemainnya memiliki kesempatan yang sama untuk turun di SEA Games 2023.

Seperti yang diketahui, pada Jumat 21 April kemarin atau satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri 1444 H, lewat sebuah konferensi pers, PSSI mengumumkan daftar 20 pemain Timnas U-22 untuk SEA Games 2023.

Ke-20 nama tersebut berasal dari berbagai klub dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri, Indra juga memanggil pemain dari Liga 2. Sedangkan dari luar negeri, pria yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu meminta kehadiran duo pemain abroadnya yaitu Pratama Arhan (Tokyo Verdy) dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Khusus untuk Arhan dan Marselino, keduanya tidak mengikuti proses pemusatan latihan panjang seperti 18 rekannya yang lain. Jadi, keduanya langsung bergabung dengan Timnas Indonesia tanpa mengikuti seleksi seperti Rizky Ridho, Witan Sulaeman, dan lain sebagainya.

Nah, pada hari ini Selasa 25 April 2023, para pemain pilihan Indra Sjafri tersebut berangkat ke Kamboja. Turut pula bersama mereka yaitu sang pelatih serta ofisial skuad Timnas Indonesia lainnya.

Baca Juga:  PSSI Lobi Cerezo Osaka Lagi untuk Bawa Justin Hubner ke Play Off Olimpiade Paris

Dan di SEA Games 2023 nanti, Rizky Ridho dkk akan melawan empat tim lainnya sebagai tantangan awal untuk mencapai target juara seperti yang diusung oleh Indra Sjafri. Indonesia dan empat tim tersebut bersaing untuk menjadi yang terbaik di grup A SEA Games 2023. Mereka adalah Timnas Kamboja, Filipina, Myanmar, serta Timor Leste.

Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak semifinal. Kemudian, pemenang di fase tersebut (semi-final) bakal saling sikat di perebutan juara. Timnas Indonesia sendiri terakhir kali menjadi juara adalah pada tahun 1991 lalu. Saat itu, Filipina bertindak sebagai tuan rumah. Adapun terakhir kali Timnas Indonesia mencapai babak final adalah pada edisi 2019 kemarin. Sayang, di perebutan gelar itu (SEA Games 2019), skuad Garuda kalah dari Timnas Vietnam.

Nah, untuk mencapai target (emas) tersebut, seperti yang sudah disebutkan tadi, Indra Sjafri memercayakan 20 pemain terbaik Timnas Indonesia. Ke-20 pemain tersebut, kata Indra Sjafri, mempunyai kesempatan yang sama (untuk turun di SEA Games 2023). Indra memastikan tak ada anak emas atau kesayangan dalam tim yang dibesutnya itu.

Baca Juga:  Oktafianus Fernando Bicara soal Hujatan Netizen pada Marselino Ferdinan usai Piala Asia U-23

“Saya menyatukan orang-orang Indonesia saja kok, bukan orang asing. Ini mereka benar-benar main di klub reguler dan pada umumnya ada beberapa pemain yang sudah beberapa kali bergabung di Timnas. Mungkin hanya satu atau tiga pemain yang benar-benar baru, itu Haykal, Taufany, Sroyer. Tapi yang lain, 17 pemain merupakan langganan timnas,” kata Indra Sjafri.

“Semua pemain punya kesempatan yang sama, pasti 20 pemain itu semua pemain inti. Kita akan melakoni enam pertandingan dan enam laga itulah yang akan dilakukan rotasi untuk menentukan yang paling tepat 11 pemain, siapa melawan siapa,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid