Piala AFF

Kagum dengan Perkembangan Sepak Bola ASEAN, Presiden FIFA Harap Ada Tim Asia Tenggara Main di Piala Dunia 2026

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – Presiden FIFA Gianni Infantino kagum dengan perkembangan sepak bola Asia Tenggara. Hal itu ia sampaikan usai menyaksikan final 2022. Pria berkebangsaan Swiss itu pun berharap di Piala Dunia 2026 nanti, ada wakil Asia Tenggara yang ikut serta dalam turnamen akbar itu.

Bukan di final Piala AFF 2022 saja, Gianni Infantino juga hadir di final Piala AFF edisi sebelumnya (Piala AFF 2020 di Singapura). Selama kurun dua tahun menyaksikan ajang sepak bola tertinggi di Asia Tenggara itu, Gianni sadar dan paham betul bagaimana berkembangnya sepak bola ASEAN. Ia menyaksikan bagaimana sepak bola Asia Tenggara dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Pria berkepala plontos itu pun ingin melihat ajang tersebut (Piala AFF) naik status. Karena sebagaimana diketahui, selama ini sejak tahun 1996 lalu, Piala AFF hanya tercatat sebagai ajang sepak bola biasa. Piala AFF tak tercatat dalam kalender resmi FIFA. Gianni ingin ajang ini dialihkan menjadi ajang FIFA Matchday seperti turnamen-turnamen lainnya.

“Piala AFF harus ditingkatkan menjadi turnamen FIFA Days (masuk kalender FIFA),” terang Gianni Infantino usai menyaksikan laga final Piala AFF 2022.

“Kami harus memastikan bahwa turnamen ini semakin berkembang. Saya yakin jika kita bekerja sama, Piala AFF akan menjadi semakin besar dengan persetujuan FIFA,” tambahnya.

Bahkan, bukan hanya itu saja, Gianni juga sangat berharap ada perwakilan dari Asia Tenggara yang lolos ke Piala Dunia berikutnya. Diketahui, pada Piala Dunia 2026 mendatang, FIFA membuat perubahan aturan yakni dengan menambahkan kontestan dari 32 negara menjadi 46 negara.

Sadar akan kemajuan sepak bola di ASEAN, ia pun berharap kuota tambahan di Piala Dunia nanti bisa dimanfaatkan oleh tim-tim asal Asia Tenggara.

“Turnamen ini dianggap sebagai acara penting bagi kawasan (ASEAN). Dengan populasi lebih dari 650 juta orang, masyarakat di kawasan ini semuanya sangat menyukai sepak bola.”

“Saya harap setidaknya salah satu tim di Asia Tenggara bisa berpartisipasi di Piala Dunia 2026. Karena slot Asia untuk Piala Dunia bertambah menjadi 8,5. Anda tentu punya kesempatan,” tutupnya.

Dengan demikian, kesempatan Indonesia dan juga tim-tim lainnya (di Asia Tenggara) untuk tampil di Piala Dunia bukan sekadar angan belaka. Terlebih, dalam kurun beberapa tahun terakhir, sepak bola Asia tengah berkembang pesat. Di kemarin, tim-tim Asia banyak membuat kejutan.

Seperti Arab Saudi yang sukses mengalahkan Argentina 2-1. Lalu ada Timnas Jepang yang sukses mempermalukan Jerman hingga Jepang. Dan tak lupa pula Korea Selatan yang mampu membungkam Portugal sehingga memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments