Timnas Indonesia

FIFA Haramkan Konser BLACKPINK di GBK, Tapi Restui untuk Pertandingan Sepak Bola

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS akhirnya mendapatkan restu dari Menpora RI dan FIFA terkait penggunaan Stadion GBK sebagai venue 2022. Sebelumnya, Menpora sempat menolak PSSI menjadikan stadion tersebut sebagai kandang skuad STY.

Beberapa waktu lalu, Menpora bersikeras bahwa stadion GBK ‘haram' digunakan sebagai tempat pertandingan sepak bola sebelum selesainya 2023. Hal itu dimaksudkan Menpora agar stadion tersebut steril hingga selesainya pelaksanaan even akbar itu.

Bukan hanya GBK, lima stadion lainnya juga diminta untuk tidak digunakan di luar pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Namun pada akhirnya, secara tiba-tiba, sebuah acara diadakan oleh Relawan Joko Widodo di sana. Acara bertajuk Gerakan Relawan Bersatu diadakan di tengah ketidakpastian kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Hal itu menyulut emosi para pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, acara politik diberikan – namun melaksanakan sebuah pertandingan dilarang.

Hingga pada akhirnya, secara tiba-tiba juga, PSSI mengumumkan bahwa mereka mendapatkan persetujuan untuk menggunakan GBK sebagai venue Piala AFF 2022. Kepastian itu diutarakan oleh Sekertaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

Saat ini, Yunus mengaku tengah menjalin komunikasi intensif dengan pihak pengelola (GBK) agar diberikan diskon ketika nanti Timnas Indonesia bertanding di sana.

Sebelumnya, PSSI juga telah mengirim surat kepada FIFA terkait penggunaan stadion tersebut. Karena Menpora sempat melarang dengan dalih stadion akan digunakan sebagai venue Piala Dunia U-20, PSSI pun meminta petunjuk apakah pertandingan sepak bola lainnya boleh dilangsungkan di sana.

Berdasarkan surat balasan yang diberikan FIFA kepadanya (PSSI), asosiasi sepak bola tertinggi di dunia itu ternyata memberikan izin penggunaan. Namun dengan catatan stadion tersebut digunakan untuk pertandingan sepak bola. Selain itu atau even non-bola, FIFA dengan tegas melarang.

Hal ini juga menjadi balasan dari rumor yang mengatakan bahwa GBK boleh digunakan sebagai lokasi konser sebuah idol grup BLACKPINK tapi dilarang sebagai venue Piala AFF. Dengan tegas, FIFA ‘mengharamkan' GBK digunakan sebagai lokasi konser.

“Betul, FIFA melarang SUGBK dipakai konser. Tapi buat sepak bola masih amanlah,” jelas Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Dalam surat yang dikirimkan FIFA yang ditulis oleh Men's Tournament Manager FIFA Christian Schmolzer, ia menerangkan bahwa GBK tidak bisa digunakan untuk even non-bola.

“Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi stres yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” bunyi surat elektronik yang dikirim FIFA.

“Akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen,” tutup FIFA dalam surat tersebut.


Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

2 Comments