Timnas Indonesia

Nova Arianto Gantikan STY di SEA Games 2023

TOPIK BERITA :


NOBARTV NEWS – PSSI sudah mulai mengantispasi jadwal super padat Shin Tae-yong bersama tahun depan. Dikarenakan Timnas Indonesia akan mengikuti beberapa even di tahun 2023 nanti, PSSI pun memutuskan untuk menggantikan STY di salah satu even dengan salah satu asistennya.

Tahun 2023, Shin Tae-yong akan membesut tiga kelompok umur dalam ajang yang berbeda. Bersama Timnas senior, pelatih asal Korea Selatan itu akan membersamai Marc Klok dkk di ajang Piala Asia 2023 yang akan dihelat di Qatar. Selain itu, ia juga akan membersamai mereka di di China.

Sedangkan bersama Timnas U-23, STY dijadwalkan untuk membawa tim kelompok umur itu dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Adapun bersama Timnas Indonesia U-20, Shin dan Marselino Ferdinan cs akan mengarungi dua even penting yakni Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan dan 2023 di Indonesia.

Jumlah even tersebut belum ditambah dengan ajang FIFA Matchday yang bisa memakan tiga sampai empat kali selama kurun waktu satu tahun.

Baca Juga:  Begini Kata Pelatih Korea Selatan soal Duel dengan Indonesia di Babak 8 Besar

Maka daripada itu, setelah melakukan negosiasi antara PSSI, Shin Tae-yong, dan staf pelatih Timnas Indonesia lainnya, muncullah nama Nova Arianto sebagai pengganti STY di salah satu even tersebut. Nova diminta untuk mengganti posisi Shin Tae-yong di SEA Games 2023 di Kamboja.

Untuk diketahui, di SEA Games edisi sebelumnya (2021 di Vietnam), STY hanya mampu membawa timnya juara ke-tiga. Marc Klok dkk tumbang di babak semifinal atas Thailand namun sukses mengandaskan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

“Kemarin baru kami diskusikan di Bali dengan STY. Dia akan menunjuk asistennya tapi tetap di bawah kendali STY. Karena yang bersangkutan merekrut dari mulai U-20 sampai senior sehingga mungkin nanti yang U-23 diberikan. Bocoran kemarin akan dikasihkan ke Nova,” terang Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Meski Nova sudah ditunjuk secara langsung oleh Shin Tae-yong, namun Iriawan beserta para Exco PSSI akan melakukan rapat sebelum amanah itu diserahkan kepada eks pemain Timnas Indonesia itu.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

“Tapi kita belum memutuskan. Nanti akan ada rapat Exco. Itu yang terakhir kita diskusikan di Bali,” tutupnya.

Di antara padatnya jadwal Shin Tae-yong tahun depan, penikmat sepak bola nasional lebih condong untuk mengikuti kiprah STY di tiga even yakni Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023, dan Piala Dunia U-20 2023.

Apakah Shin mampu membawa anak asuhnya terbang tinggi di Piala Asia 2023 setelah mengejutkan banyak orang lewat babak kualifikasi? Dan apakah STY kembali menunjukkan magisnya di Piala Asia U-20 mengingat lolosnya Hokky Caraka dkk ke even tersebut sangatlah dramatis karena menang di tiga laga kualifikasi?

Atau terakhir, bagaimana nasib Garuda Muda ketika bertindak sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023? Mampukah Marselino Ferdinan dkk memberikan penampilan terbaiknya sebagai tuan dalam ajang itu?

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

76 Comments

  1. Dan yang paling utama itu sebenarnya untuk Indonesia adalah sepakbola , karena pecinta sepakbola bola itu hampir semua kalangan dan fanatisme terhadap bola itu sangat besar, jadi tolong berikan yang terbaik. Mau kalah dan menang pasti sepakbola khususnya timnas pasti selalu didukung dan ditonton.