Timnas Indonesia

STY Harap Justin Hubner cs Tetap Dinaturalisasi Jadi WNI



NOBARTV NEWS – Dibatalkannya 2023 di Indonesia membuat publik bertanya-tanya dengan nasib tiga pemain keturunan yang sedang diproses menjadi WNI. Apakah mereka akan tetap melanjutkan proses tersebut atau tidak. Sementara itu, Shin Tae-yong berharap ketiganya masih mau membela .

Seperti yang diketahui, Piala Dunia U-20 2023 diputuskan batal di Indonesia. Selanjutnya, FIFA akan mengumumkan tuan rumah baru pasca pencoretan Indonesia itu.

Dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah dipublikasikan FIFA lewat laman resminya pada Rabu malam lalu. Hal itu diumumkan FIFA setelah para petinggi Federasi Sepak Bola Dunia itu bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick memang sengaja dikirim oleh Presiden RI Joko Widodo untuk bertemu dengan para petinggi FIFA guna melobi mereka agar tetap memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

Sayangnya, lobi tersebut gagal. Skuad Garuda muda pun dipastikan tak akan turun di even tersebut karena satu-satunya peluang untuk tampil di sana sudah tertutup.

Baca Juga:  Resmi: Klub Elkan Baggott Ipswich Town Promosi ke Liga Premier Inggris!

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI, Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” rilis FIFA di laman resminya.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut pernyataan FIFA itu.

Kabar tersebut jelas merupakan sesuatu yang amat disayangkan. Pasalnya, persiapan yang sudah dilakukan oleh pemerintah RI dan PSSI tidak sembarang. Dana yang sudah diguyur pemerintah untuk menjadi tuan rumah tidaklah sedikit.

Sementara itu, dari sisi pemain, mereka juga telah melakukan persiapan panjang untuk bisa tampil di even ini. Namun sialnya, dua bulan menjelang pelaksanaan even tersebut, mereka dipaksa mendapati fakta buruk di depannya secara langsung.

Baca Juga:  Termasuk Arab Saudi, 2 Negara Timur Tengah Ini Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Selain itu, PSSI dan Pemerintah RI juga sejatinya sedang melakukan proses naturalisasi terhadap tiga pemain keturunan yaitu Justin Hubner, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Ketiga pemain tersebut diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20. Namun karena even tersebut batal – dan ke-tiganya kebetulan belum melakukan proses akhir naturalisasi, banyak pihak yang kemudian bertanya, apakah proses naturalisasi akan diteruskan atau tidak. Sebab sedari awal, mereka dinaturalisasi ‘hanya' dengan tujuan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Atas hal itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong angkat suara. Shin mengaku belum tahu tentang kelanjutan proses naturalisasi Ivar Jenner dkk. Hanya saja, ia berharap ke-tiganya tetap dinaturalisasi sebagai WNI.

“Jujur ya belum ada laporan apa-apa tentang pemain naturalisasi seperti apa,” kata Shin Tae-yong.

“Ya saya berharap tiga pemain ini tetap jadi Warga Negara Indonesia untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia,” ujarnya menutupi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

5 Comments